Tips Packing Winter Tanpa Harus Beli Bagasi

By Didy - 2/03/2019



Packing adalah hal yang sangat penting sebelum travelling. Iya kan ?, Tidak jarang bahkan kita rempong sendiri sebelum berangkat hanya soal urusan packing saja. 

Berbekal pengalaman beberapa kali travelling keluar negeri dengan packing super light. Kali ini, saya pengen kasih tips seputaran packing, tips kali ini saya akan fokuskan ke bagaiamana caranya "meringankan tas pada travelling musim salju". 

Percaya gak 10 hari di Korea Selatan saat winter saya cuma bawa barang bawaan 5 kilogram ?, Hahaha, sampai-sampai saya sendiri juga gak percaya sih. Hah, kok bisa sih bagaimana caranya ?, Teman-teman dekat bahkan terheran-heran dan gak percaya. Sebenarnya gampang aja sih, selama ada niat pasti ada jalan (apaan sih, Geje dah). 

Well, saat musim salju suhu akan mencapai 0 derajat celcius bahkan sampai jauh merosot di minus 8 derajat celcius. Jadi, udah pasti barang bawaan teman-teman gak bakalan seringan travelling saat summer. 

Iya dong, karena sudah barang tentu, pakaian yang dibawa  teman-teman akan berlapis-lapis dan tebal. Seperti; coat yang tebal, baju tebal, sweater wol, kaos kaki tebal, sepatu boots dan segala aksesoris pendukung musim dingin.


Kita selaku orang Asia Tenggara yang gak punya musim salju tentu bakalan sangat excited dengan yang namanya salju, jadi pasti bakalan rela-relain bawa baju dan aksesoris banyak demi kepentingan foto-foto yang Instagramable. Iya kan ?, hayo ngaku aja deh, saya juga begitu kok.

Sebenarnya banyak cara mensiasati supaya tetap fashionable saat trip winter tanpa harus bawa barang-barang berat. So, based on my experience, kali ini saya akan coba bagi tipsnya ya, cekidot~

Tips packing trip musim salju hanya dengan 5 kilogram saja;

1. Bawalah Long Jhon

Membawa Long Jhon saat musim salju itu hukumnya wajib. Percayalah, pakaian jenis ini akan sangat membantu teman-teman menangkis dinginnya udara musim dingin. Long John itu bentukannya mirip seperti pakaian ketat atas dan bawah yang didalamnya terdapat bahan termal yang bisa menjaga suhu tubuh tetap hangat.

2. Pakaian berlapis-lapis

Berlapis-lapis akan lebih menjaga suhu tubuh ketimbang pakai coat super tebal. Iyess, percuma saja pakai coat setebal srigala berbulu domba tapi gak ada lapisan didalamnya, karena akan tetap kedinginan. Trust me !!, ilustrasi pakaian berlapis-lapis yang saya maksud adalah seperti berikut ini;

  • Long Jhon
  • Kaos pendek
  • Kemeja panjang
  • Sweater wol
  • Coat/jaket tebal

3. Bawalah pakaian dalam seperlunya saja

Pakaian dalam itu wajib hukumnya, karena liburan musim apapun sudah pasti kita kudu pake daleman kan haha. Eits, tapi gak usah berlebihan sih bawanya, karena gak bakalan kepake juga kalau versi travelling teman-teman mengikuti cara Saya hihi (bisa pake daleman side A dan B *superjoroks). 

Etapi, itu kan saya. Ok, let say hitungannya 1 hari satu daleman, jadi untuk 10 hari cukup bawa 10 celana dalem saja. Untuk singlet saya cuman bawa 3 sih selama 10 hari winter di Korea Selatan kemarin. Lagian juga, teman-teman gak bakalan keringetan selama musim dingin, sumpah.

Jadi pasti gak bakalan kotor dan gak bakalan pengen mandi juga karena takut dingin. Lagian, kayaknya cuman orang Indo aja sih yang keranjingan mandi bida 3 kali dalam sehari.

4. Jangan bawa alat Mandi

Jujur sih selama trip winter Korea Selatan kemarin gak bawa alat mandi sama sekali, cuma bawa facial wash sama sikat gigi saja. Toh selama nginep di hostel juga mereka pasti selalu sedain peralatan mandi bahkan handuk, meskipun saya tidak tinggal di hostel alias pake Couchsurfing. Selama nginep di rumah host Couchsurfer, saya sih ya tinggal minta aja toiletries si hostnya haha.

Tinggal kaliannya aja mau gak sharing sama Yang lain, kalau saya sih no problemo santai aja, daripada ngeberat-beratin tas.

5. Wajib bawa lipbalm dan lotion

Berbeda dengan alat mandi, justru lipbalm dan lotion adalah barang wajib yang kudu dibawa. Percayalah, pada saat suhu dingin bibir kita akan mudah pecah-pecah begitupula juga kulit akan sangat mudah kering bahkan bersisik dan mengelupas. 

Nah, kalau mau lebih menghemat space lagi sih saya saranin bawa Vaseline Petroleum Jelly yang sangat mulitifungsi bisa buat kulit dan bibir. Kalau gak tau bisa googling ya gambarnya hehe, saya kemarin sih beli di duty free bandara pas transit di Kuala Lumpur.

6. Tas tangan/tote bag

Gak mungkin kan kita jalan kemana-kemana bawa tas carrier super gede ?, Selain berat dan malesin tentu saja tas tangan atau totebag akan super gampang dijangkau dan ringan dibawa kemana-mana terlebih untuk membawa barang-barang yang perlu dikeluar-masukin sering semacam dompet, passport, smartphone dan lain-lain. 

Terlebih passport, yang keberadaannya sangat krusial, karena kalau hilang ya resikonya kita gak bakalan bisa balik. Jadi, perhatiin baik-baik untuk penyimpanannya ya.

7. Aksesoris

Seperti yang sudah saya singgung diawal-awal kalau aksesoris itu hukumnya wajib, demi memperoleh foto-foto fashionable dan Instagramable. Eits, tapi selain untuk gaya-gayaan tadi, aksesoris winter juga sangat penting demi menjaga kita agar tetap hangat. Biasanya saya membawa aksesoris berikut untuk trip winter; sarung tangan, beannie (penutup ubun-ubun kepala), earmuffs (penutup telinga), syal wol, kaos kaki wol dan sepatu boots.

8. Obat-obatan

Tolak angin, antimo, freshcare, balsem, minyak kayu putih (bukan endorse ya 😂) adalah penyelamat saya selama trip winter. Yups, sebagai orang Indonesia pasti bakalan masuk angin terlebih saat udara dingin pas winter. 

Terus beberapa obat sakit ringan seperti paracetamol dan obat diare juga wajib dibawa buat jaga-jaga. Kan lebih baik jaga-jaga daripada nanti kita sakit pas trip kan gak lucu. So, obat-obatan adalah barang yang gak boleh di skip, sepenuh apapun tas kita. 

9. Kamera

Last but not least, tentu saja kamera dong !!. Pas trip winter di Korea Selatan kemarin saya bawa kamera DSLR yg cukup berat namun tetap masih ada space kok di tas backpack gede saya. Bahkan saya bawa tripod kecil juga untuk membantu saya mengambil foto terlebih saat tidak ada orang yang bisa diminta pertolongan untuk motret hehehe. 

Nah, itu aja sih barang bawaan selama trip winter Korea Selatan kemarin. Di udara dingin salju saya cukup membawa 1 pasang Long Jhon (atas-bawah), 2 kaos polos, 1 sweater wol, 2 kemeja lengan panjang, 2 celana panjang (1 dipakai saat perjalanan), sepasang sarung tangan, 2 syal (biar gaya gonta-ganti), 1 beannie, 1 earmuffs, 2 pasang kaos kaki, 1 kaos kaki wol (untuk tidur), sarung, sepasang boots (langsung pakai), 4 celana dalam dan 3 singlet. 


Dengan tas carrier Toba 60 liter yang bisa ditekuk jadi 40 liter yang pas menampung semuanya dan sangat recommended untuk masuk bagasi kabin, jadi no tambahan duit buat bagasi dong. 




Dan persayaratan tas untuk masuk kabin adalah beratnya tidak lebih dari 7 kilo dengan dimensi ukuran 56x36x23 CM. So, make sure gak melebihi aturan yang dipersayaratkan ya. Karena kalau lebih, ya kudu bayar bagasi tambahan ya harganya bikin snewen sih.

Masalah packing udah selesai, tapi tunggu dulu karena belum tentu si petugas check in mengizinkan tas carrier kita masuk bagasi kabin. Saya, coba tambahan tips supaya lolos bagasi kabin dengan tas carrier 40 liter ya, mau tau gak caranya ?, Tapi ini rahasia sih sebenarnya, tapi gpp lah ya, berikut tipsnya;

  • Manfaatkan fasilitas online checking, karena biasanya petugas counter check in agak lebay menganggap tas kita super berat padahal semestinya tas ukuran 40 liter sih gak masalah
  • Pastikan berat tas hanya 7 kilo saja, timbang dulu setelah selesai packing ya
  • Masukin semua barang bawaan dalam tas carrier, jangan bawa banyak barang karena pasti petugas counter check in akan heboh
  •  Terakhir, sok cool aja. Kalau udah chek in online, gak akan ada orang yang ngecek tas kamu. Dengan satu syarat tas kamu gak gede lebay ya, ukuran carrier jangan lebih dari 40 liter. Mestinya gak bakalan ada yang negur sih, cuman biasanya petugas counter check in agak rese aja biar kita beli bagasi tambahan.


Baiklah, seperti itu tips dari saya. Semoga bermanfaat.

Happy Travelling ✈️✈️✈️







  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Hahaha, tricky ya
    Bisa dipraktekan nih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, yaps lumayan biar gak usah beli bagasi lagi wkwkwk

      Delete