Ethiopian Yirgacheffe Excelso Bikin Melek Semaleman

By Didy - 12/08/2018


Sejak rajin ngopi item, nampaknya saya jadi semakin kebal sama efek caffeine. Beneran loh, kalau zaman dulu bisa beneran gak ngantuk sampe berjam-jam setelah ngopi walaupun cuma ngopi susu sachet-an yang saya beli di warung. Sekarang, boro-boro bisa sampe kayak gitu. Beneran, udah gak mempan lagi bahkan espresso double shot sekalipun.

Tapi, ada untungnya juga sih kebal caffeine kayak gini. Karena biasanya saya bisa ngopi 4 kali dalam sehari, kebayang kan kalau efek caffeine bikin gak ngantuk-ngantuk, bisa-bisa 24 jam saya gak tidur-tidur haha.

Keinginan saya mencoba aneka jenis biji kopi yang ada di seluruh dunia men-trigger saya buat nongkrong di caffe shop terus setiap weekend (alamat kantong jebol ini sih). Enggak tau kenapa, semakin tenggelam dengan si biji hitam ini saya jadi semakin penasaran dengannya, macam lagi pedekate sama cewek aja ya. Beneran deh, I swear that I'm totally in love with coffee. Kayaknya, separuh jiwa dan raga ini hanya untuk kopi saking kecanduannya.

Well, seiring dengan rasa keingin tahuan saya yang semakin menggebu-gebu, bertambah pula kecintaan saya akan kopi dan semua pengetahuan tentangnya. Karena, ternyata cita rasa kopi yang teman-teman minuman itu tidak sesederhana itu, rasa tersebut sangat kompleks dan begitu kaya.  

Nyobain aneka biji kopi dunia semakin membuat saya takjub, dan minggu lalu saya hangeout ke Excelso Serang cuman buat nyobain kopi dari biji kopi internasional (gaya banget deh). Karena niat awal dateng ke Excelso memang pengen nyobain biji kopi internasional jadi saya langsung minta buku menu ke si mbak-mbaknya. 

Dan tentu saja saya langsung menuju ke bagian menu international coffee beans section. Wah alangkah terkejutnya dan senangnya saya, karena ternyata cukup banyak juga aneka jenis kopi yang berasal dari luar lokal, seperti; Hawaiian Kona, Jamaican Blue Mountain, Ethiopian Yirgacheffe dan lain-lain.





Setelah ngobrol-ngobrol sama si mas barista-nya saya akhirnya pesan Ethiopian Yirgacheffe karena sangat tertarik dengan penjelasan si masnya (makasih loh mas, kamu sudah meracuni saya). 

Saya minta kopinya di bikin latte, karena lagi kangen sama latte art dan latte foam hehehe, ya walaupun pas muncul ternyata bentukannya gak dibikin latte art semacam lope-lopean atau bunga-bungaan, cuman disajikan biasa saja. Yah kecewa dong kan ya jadinya, karena gak Instagramable. Ah milenials sekali sih saya, ngopi di coffee shop hanya untuk estetika feeds Instagram semata wkwkw. 




Si Ethiopian Yirgacheffe ini wanginya enak banget sumpah, sedikit ada aroma citrus dan coklatnya gitu. Saya jadi semakin jatuh cinta sama dia. padahal baru aja kenalan, huft apaan sih.

Berdasarkan penjelasan dari si mas barista-nya, si Ethiopian Yirgacheffe ini memang dapat dikenal dari rasanya yang manis dengan aroma yang khas, si mas barista-nya menambahkan lagi, kalau si Ethiopian Yirgacheffe ini juga memiliki rasa spicy dengan fragrant yang khas di aftertaste nya. Yang biasanya, biji kopi ini juga dimasukan kedalam jenis biji kopi Arabica premium quality, dengan harga yang tentu saja premium juga. 

Di Excelso Serang, saya pesan Ethiopian Yirgacheffe ini seharga 48,000 rupiah secangkir. Mahal ?, Ya lumayan sih, tapi menurut saya ini sebanding kok dengan kuliatas rasanya. They offer better value for your money.

Eh iya balik lagi ke judul blogpost ini, saya mau cerita efek caffeine si Ethiopian Yirgacheffe ini. Kalau biasanya saya kebal terhadap efek caffeine alias gak ngefek sama sekali setalah ngopi seperti yang sudah saya ceritakan diatas, ternyata efek jenis biji kopi ini berbeda. Beneran loh, saya jadi gak ngantuk-ngantuk semaleman pas udah balik ke rumah, hingga akhirnya saya kudu baca buku tebel supaya ngantuk (ini trik jitu buat yang insomnia).

Mind blowing banget ya, saya jadi terheran-heran loh sumpah sama si Ethiopian Yirgacheffe ini, sampai sekarang masih penasaran sama jenis biji kopi ini dan terus googling beberapa artikel tentang biji kopi yang satu ini. Mungkin efek gak mudah kantuknya akan berbeda-beda pada setiap orang, tapi yang jelas efeknya ke saya beneran gak bikin ngantuk semaleman bahkan sampai pagi. 

Kayaknya, biji kopi ini bakalan bagus juga diseduh pas saya lagi butuh energi tinggi dan pengen melek semaleman ketika nugas bikin blogpost atau ngerjain kerjaan-kerjaan lain. Kalau teman-teman penasaran sama si Ethiopian Yirgacheffe ini, bisa langsung cus ngopi ke Excelso Serang. Udah tau kan alamatnya ?, Ah masa milenials dan hedonis serang gak tau tongkrongan hits ini haha. 

Yaudah nih saya kasih tau alamatnya, Excelso Serang beralamat di JL. K.H Abdul Hadi NO. 96 A, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang-Banten. Cobain deh ngopi disini terus pesen Ethiopian Yirgacheffe, kalau udah coba boleh komen di kolom komentar bawah ya.



Selamat ngopi ☕☕☕

  • Share:

You Might Also Like

9 comments

  1. 48K termasuk mahal tapi efeknya dahsyat hahaha. Sampai-sampai yang sudah 'kebal' sama kopi, jadi melek 😁 saya sih sehari 3 gelas tapi bukan kopi item melainkan kopi susu wkwkwkwkwkwjw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cukup Mahal. Coba beli kopi sachet bisa dapet seembet 😂😂😂. 3 gelas banyak juga sehari Mbak kalaupun kopi Susu.

      Delete
    2. Hahahahah 48K beli kopi sachet dapat banyaaaaak :D bisa buat warung kopi sendiri wkwkwkw. Iya nih, sedang mau dikurangi meskipun masih sulitttttttttt.

      Delete
  2. Kok aku jadi pengin ya nyobain kopi Ethiopia ....
    Ngga cuma pengin nyobain rasanya tapi juga pengin lihat biji kopinya seperti apa warnanya ..., mungkin hitam legam ya hihihi 😁

    Cuuuz, besok aku nyoba melipir ke kedai kopi Excelso yang ada di kotaku ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yooow serbu Excelso dah 😂. Kalau warna bijinya keknya sama Aja sih hahhaha, tergantung ngeroastingnya hahhah

      Delete
  3. Gila, lu ngejelasin kopi kayak ekspert banget masalah perkopian. Gw mah apa, minum kapal api aja udah seneng...


    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak expert juga sih sedang belajar :). Jangan sebut merek dong, kan gak Di endorse 😂

      Delete
  4. wah...bisa dicoba nih nanti...hehehe.
    lumayan keren tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mas hahhah. Emang Di Amrik ada Excelso juga ?, Oh mungkin Di Caffe lain juga ada kali ya jenis Ethiopian Yirgacheffe sih 😂

      Delete