Drama Perburuan Tiket Pesawat Murah Online

By Didy - 11/24/2018




Saya sering banget rela bangun tengah malam demi hunting tiket pesawat murah, kegiatan ritual ini biasanya saya lakukan setelah tanggal 20an setiap bulannya. Karena menurut logika, ditanggal segitu maskapai penerbangan akan gencar-gencarnya membagikan tiket pesawat murah. Tahu alasannya ?


Karena tanggal segitu adalah tanggal tua dan biasanya teman-teman yang bekerja kantoran belum gajian, jadi para maskapai penerbangan gak mau tiketnya terlalu mahal dan gak ada yang beli, ini hanya berlaku buat kelas ekonomi saja ya. 


Berhubung, saya juga backpacker kere ya tentu saja memanfaatkan momen ini setiap bulannya dengan penuh drama.

Mulai dari rela-relain hunting tengah malam atau pagi buta (jam 00-04 pagi) demi mendapatkan si tiket murah tersebut, terus pas udah mau checkout sistemnya error karena jaringan internet yang tiba-tiba hilang atau layanan mobile banking yang ikutan error juga pas mau transfer, huft, hidup memang butuh ujian kayaknya, sabar.


Saya mengakui, kalau hingga saat ini, tiket pesawat merupakan komponen terbesar biaya travelling yang besarnya bisa mencapai lbih dari 70% dari biaya travelling secara keseluruhan yang harus dikeluarkan. Memang dibutuhkan sedikit strategi dan sejumput keberuntungan untuk mendapatkannya, tapi, pengorbanan tersebut akan terbayar lunas manakala tiket sudah ditangan dan tinggal berangkat travelling saja.


Sebenarnya sudah beberapa kali sih saya mendapatkan tiket pesawat murah, namun saya hanya akan menceritakan yang paling memorable saja, macam cinta pertama (emang ada yg kedua, ketiga dst), eyy kenapa jadi kesitu ya. 


Sudahlah, mari kita simak saja beberapa drama pencarian tiket pesawat murah yang pernah saya perankan di masa lampau.



1. Belitung - NAM Air - 2016

Ini agak lucu kisahnya, jadi ceritanya saya gak ada niatan buat ke Belitung (beneran), tapi, karena tetiba dapet tiket murah cuma 389,000 rupiah PP pakai NAM Air (masih sodaraan sama Sriwijaya Air) ya sikat aja. 

Bayangin aja, cuman kurang dari 500,000 bisa ke Belitung coba. Apalagi, Belitung saat itu sedang naik daun, akibat novel dan film laskar pelangi karya Andrea Hirata. Karena gak ada niatan apalagi perencanaan matang sama sekali.  Jadi, prosesnya beneran singkat bahkan sampai saat ini masih berasa mimpi bisa travelling ke Belitung se-murah itu.





2. Malaysia - Malaysian Airlines - 2015

Berbeda dengan tiket murah pas ke Belitung tadi, yang ini saya dapatkan jauh-jauh hari. Alias, saya beli setahun sebelum keberangkatan. Untuk teman-teman yang belum tahu, kebanyakan tiket pesawat murah ini harus didapatkan dari jauh-jauh hari, jadi apabila teman-teman misalnya mau terbang di tahun depan, usahakan membelinya 8/9 bulan sebelum tanggal terbang ya.

Seinget saya tiket ini saya dapatkan sore hari sekitaran jam 4 sore, pas lagi lelah-lelahnya kerja saya sempat-sempatnya buka Traveloka dan kaget bukan kepalang ketika nemu tiket ke Kuala Lumpur hanya 48 perak, sampe kucek-kucek mata saking gak percayanya takut saya lagi dijebak sama Traveloka, tapi ternyata tidak, ini sungguh nyata. Dan ketika saya cek hanya berangkatnya saja yang 48 rupiah sementara baliknya 100,500 rupiah.




Jadi, kalau ditotal PP Jakarta-Kuala Lumpur hanya 100,548 rupiah saja. Aduh, bahagianya hati ini, yaudah langsung sikat aja ya Kan, kapan lagi duit seratus rebu bisa membaea ke luar negeri.



3. Thailand - Airasia - 2015

 
Ke Thailand memang sudah lama saya impikan, karena ceritanya saya pengen menghatamkan negara-negara ASEAN yang bebas visa. Dan perburuan tiket murah pun dimulai, kayaknya 6 bulan sebelum terbang waktu itu.

Beneran dong, Mbak Dewi Fortuna masih berpihak ke saya. Sekalinya hunting, voilla dapat harga 860,000 PP, coba teman-teman bayangkan, betapa berbunga-bunga hati saya kala itu. Semacam cinta gayung bersambut lah pokoknya (gak bertepuk sebelah tangan yah).



4. Bali - AirAsia - 2015 

Kayaknya Airasia sih yang paling sering kasih tiket murah ke saya, benaran loh. Terhitung sudah beberapa kali dia begini, baik banget dia tuh gak pernah PHP-in orang. Bahkan, pas zamannya kuliyah dulu pernah iseng hunting tiket pesawat buat temen ke Pekanbaru, saya dapet 5000 rupiah saja sekali jalan.



Hal yang sama juga berlaku ketika saya coba hunting tiket pesawat ke Bali. Airasia pun muncul lagi sebagai masakapai yang memberikan kesempatan lagi untuk tiket murah PP Jakarta-Denpasar hanya 685,000 saja. Aduh, rasa-rasanya kok saya tambah suka ya sama pramugari Airasia, Eh~.



5. Jeju Island, Korea Selatan - Airasia+Malaysian Airlines- 2018

Kalau yang ini sih masih anget banget, iyalah, orang tiketnya aja belum dipake hihihi. Sekitaran bulan September lalu, saya iseng-iseng cari tiket ke Korea Selatan, Pulau Jeju tepatnya. Terlebih ketika tau, si Pulau Jeju ini bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia. 

Betapa bahagianya saya, manakala gayung bersambut dapet tiket murah lagi. Kali ini, saya dapat 1,6 Juta PP. Biasanya ke Korea minimal ya 6 Jutaan PP. Doakan ya teman-teman semoga semuanya dilancarkan, Aamiin. 


Berasa gak sabar nih nunggu tanggal terbang hehehe.


Untuk yang ke Korea ini saya bayar pakai kartu kredit karena promonya nge-link sama kartu kredit. Jadi, kadang kalau ada promo-promo tiket murah yang nge-link sama kartu kredit kayak gini agak miris sih pas belum punya kartu kredit dulu, greget aja gitu kenapa harus pake kartu kredit promonya.



PayLater dari Traveloka

Well, tapi sekarang teman-teman bisa hidup tenang kok cari tiket pesawat murah meskipun Gak punya kartu kredit. Karena, sekarang sudah hadir fitur PayLater dari Traveloka yang memungkinkan teman-teman terbang kemana saja dengan sistem cicilan bahkan si PayLater ini juga bisa dipakai untuk semua produk Traveloka lainnya.

Menariknya dari PayLater ini, teman-teman bisa mengajukannya dengan sangat mudah dengan limit yang tidak tanggung-tanggung, yaitu sepuluh juta rupiah, WOW banget kan ?.


Inilah sesungguhnya terobosan travelling terbaru, semacam sistem cicilan tanpa kartu kredit, yang dapat diangsur hingga 12 bulan, dengan biaya cicilan 0% untuk tenor 1-3 bulan. Proses pengajuan nya pun sangat mudah, teman-teman tinggal klik icon Traveloka Pay lalu klik PayLater di aplikasinya. 


Setelahnya, teman-teman tinggal menunggu hasil penilaian dari tim Analisa internal PayLater, apakah aplikasinya diterima atau ditolak. Kalau masih bingung bisa tonton video ini ya.





Gara-gara si PayLater ini, sekarang saya jadi semakin tidak sabar dan ketagihan hunting tiket murah ke seluruh destinasi yang sudah saya idam-idamkan, tanpa takut tanggal tua.


So, tunggu apalagi ?, cepat-cepat deh daftar PayLater dari Traveloka dan jadiin liburan dengan PayLater dari Traveloka.


Selamat berburu 😎









  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. murah banget ke Thailand.... beruntung deh.
    asik baca tulisannya, nambah wawasan dan ilmu. terima kasih, mau berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak Dewi Fortuna masih berpihak sama Gue Mas hahha. Tapi ya itu, harus gigih mencari ya, pantang menyerah juga sih Intinya. Sama2, makasih udah mampir ke blog ini hehhehe :)

      Delete
  2. Itu baca harga-harga tiketnya bikin saya benturin kepala ke meja hahaha murraaaahhh superrrrr! Dan dengan PayLater ini bakal bikin kegiatan traveling jauh lebih menyenangkan. Mari berburuuuuu tiket pesawat murah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah jangan dibenturin dongs, nanti Gak jadi jalan2 lagi wkwkwk. Hayooo Kita berburu !!

      Delete