Nyobain Lembutnya Hazelnut Coffee Latte di Rumah Kopi Serang

By Didy - 10/21/2018




Berkat beberapa tulisan di blog ini yang membahas tentang kopi, banyak teman-teman yang DM ke Instagram saya. 

Kebanyakan dari mereka bertanya seputar rekomendasi kedai kopi enak yang ada di Serang. Wah, ternyata ada juga yang baca tulisan blog saya ini, pikir saya, berasa senang aja gitu kalau kerja keras saya update blog tiap minggu dihargai pembaca hehe. 

Sebenarnya, ada sedikit beban juga sih jawab DM-an Instagram dari teman-teman sekalian karena jelas saya gak pantas. Beneran, karena masih banyak orang-orang di luaran sana yang pengetahuan tentang kopinya jauh di atas saya. 

Saya hanya penikmat kopi saja yang punya rasa keinginan tahuan yang tinggi  (Baca; KEPO) kenapa si biji hitam sangrai yang dinamai kopi ini begitu nikmat pas udah diseduh. Apa gerangan yang membuatnya begitu nikmat sehingga membuat saya tergila-gila dengannya.

Belakangan saya tau kalau dibalik kopi enak ada proses panjang dalam pengolahannya. Halah, kenapa jadi panjang begini ya. But, I'm serious guys, I'm in no way a coffee expert. Jadi, tulisan-tulisan tentang kopi di blog ini adalah murni pendapat pribadi saya. Rasa KEPO lah yang mendorong saya untuk banyak belajar tentang kopi. Selain banyak baca-baca buku dan artikel tentang kopi, saya juga senang sekali ngobrol dengan teman-teman barista atau pemilik kedai kopi yang saya kunjungi.

Nah, pada kesempatan ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya mencoba lembutnya hazelnut coffee latte di Rumah Kopi, Serang. Teman-teman serangers pasti udah tau dong kedai kopi hits ini ?



Kedai kopi yang beralamat di Jalan Yusuf Martadilaga No. 28, Cipare, Kota Serang-Banten ini memang sudah lumayan cukup terkenal dikalangan para pecinta kopi di Serang. Saya pun itungannya lumayan sering ngopi di tempat ini. Jujur saja, suasana tempatnya enak banget, seriusan deh, hommy banget dengan sofa-sofa nya.



Baru buka pintu aja udah disambut hangat oleh para pegawai kedai ini. Ditambah lagi, di Rumah Kopi internetnya juga kenceng banget, jadi, pas banget buat saya yang demen ngopi sambil nulis blog, rasanya kayak surga dunia (huss kayak tau aja). Untuk tempatnya sih gak terlalu Instagramable, tapi apalah arti sebuah feed Instagram jika dibandingkan dengan secangkir kopi unik dan enaknya Rumah Kopi. 

Jadi buat teman-teman yang seneng ngopi demi estetika feed Instagram nampaknya akan sedikit kecewa hehehe, Kedai kopi ini menurut saya tidak ingin terlalu menyasar generasi milenial yang demen update sosmed. Tapi, lebih menyasar ke para pria pecinta kopi yang demen ngopi sembari ngobrol ngalor-ngidul sambil nobar pertandingan sepak bola.




Terbukti, seringnya saya kesana banyak sekali teman-teman yang datang ngopi ber-grup banyak sembari nonton bola sampe larut malam di lantai dua, seperti mereka kebanyakan, tempat favorit saya juga di lantai 2 dekat balkon. Bukan apa-apa, menyesap kopi sambil menikmati pemandangan malam jalan itu nikmat banget walaupun sembari nonton film di FOX Movies yah hahah (karena ada TV kabelnya juga disini). 


Range harga di Rumah Kopi sangat terjangkau kok, ada di kisaran 16 ribu sampe 35 ribu saja untuk aneka minuman kopi, non kopi dan aneka snack.





A post shared by Didy Rosyidi (@didyrosyidi) on

Eh iya, malam mingguan kemarin saya pesan Hazelnut Coffee Latte, yang rasanya sumpah lembut banget, sampe-sampe saya pikir itu Cappuccino bukan latte saking lembutnya. Tapi terbantahkan sih pas disesap kopinya gak banyak busa. Cara gampang bedain latte sama cappuccino saya sih begitu ya haha.

Yang lebih membuat saya terkejut lagi si kopi ini ada rasa cinamon juga selain gurihnya hazelnut, belakangan saya tau kalau memang mereka menambahkan sedikit bubuk cinamon di kopi hazelnut latte nya (setelah ngobrol sama yang ngeracik). Bukan hanya itu saja, saya merasakan sedikit rasa lemon di aftertaste nya. 

Gilak yah keren banget sih ini kopi, pikir saya saat itu. Ini kok berasa canggih banget ya kopinya wkwkwk. Maafkan agak norak sedikit, maklum masih awam. Wah, saya tidak boleh tinggal diam kalau begini, saya gak mau hanya menikmati kopi ini saja tanpa tau prosesnya. 

Beneran aja, tanpa malu-malu saya langsung tanya dong ke si mas yang ngeracik kopi pesanan saya. Kami ngobrol panjang lebar banget tentang kopi kemarin, dari mulai asal-muasal biji kopi yang mereka punya, jenis seduhan favorit pelanggan, citarasa kopi dan lain sebagainya. Bagian terfavorit saya dari obrolan kami adalah tentang citarasa kopi. 

Menurut si mas nya, setidaknya ada enam rasa yang ada dalam secangkir kopi; mulai dari aroma, keasaman (acidity),  badan kopi (body), rasa (flavor), sisa rasa (aftertaste, bagian ini menjawab kenapa ada rasa lemon tadi), dan kemanisan (sweetness).  

Wah berasa berfaedah banget deh ngopi malam mingguan saya kemarin hahaha, saya jadi banyak belajar tentang kopi. Walaupun, banyak dari obrolan kami lebih bersifat teknis sih. Tapi, menurut si mas nya jangan takut buat belajar, emang banyak istilah-istilah yang agak susah dicerna buat orang awam kayak saya tapi nanti lama-lama juga terbiasa, tandasnya. 

Akhirnya perjalanan wisata kedai kopi ini saya cukupkan sampai disini saja, tapi saya janji akan terus belajar tentang kopi sembari menikmati seduhan kopi terbaik nusantara bahkan dunia. 

Maka dari itu...

Yuk ngopi,  Yuk belajar kopi, Yuk nikmatin kopi-kopi enak di kedai-kedai kopi !!. 

Anyway, kalau serangers  mau ngopi di Rumah Kopi, bisa datang senin sampe minggu buka dari jam 11 sampe jam 23.00, langsung dateng ke TKP aja, lokasinya dekat pom bensin Benggala Serang pas samping Apotek Buchori.

Salam enak kopi nusantara ☕☕☕

  • Share:

You Might Also Like

14 comments

  1. Wuaah ini betul kata mas Didy nih ..., berasa ngerasain surga dunia .. xixixi ... 😁
    Ngopi asik dengan tampilan penyajian keren ditemani wuz wuz jaringan wi-fi super kenceng ...
    Itu kaaan ... , mantul banget buat blogging dan youtuberan
    Hehehe 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya senjata ampuh banget buat blogger apalagi kalau range harga kopinya gak mahal2 wkwkkwkw berasa bahagia aja numpang wifian 😂😂😂😂😂. Surga dunia ?, Saya belum tau sih mase 😂

      Delete
    2. Ssst .. , itu yang kita cariii .. , numpang wi-fian gratis ... hahaha 😂😂😂
      Beli kopinya secangkir ngabisinnya berjam-jam gegara keasikan bermesraan sama wi-fi
      Xixixi ...

      Delete
    3. Wkwkkwkw sudah tau banget tabiatnya 😂😂😂😂😂

      Delete
  2. Apalah dayaku yang tiap malam ngopi pake kopi hitam campur gula ditemani pikiran lelah yang baru pulang kerja seharian penuh mas hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh justru Saya juga doyan banget kopi hitam seduh sendiri balik kerja hahha, lelah jadi hilang kan ?, Terus jadi semangat Gak ngantuk sampe pagi 😂

      Delete
  3. Kopi selalu membawa kejutan didalam rasanya. Penasaran sama aftertaste lemonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhah betul banget, iya aftertaste lemonnya kerasa sih walaupun Gak sekuat lemon beneran. Tapi, kata2 mas2nya kopi memang punya aftertaste Yang macem2 bisa floral atau fruity. Termasuk dipengaruhi juga oleh pohon kopi itu tumbuh berdekatan dengan pohon lain 😁

      Delete
  4. Samaan dengan saya mas. Saya juga ga terlalu paham kalo bahas tentang kopi. Kalo dijelasin juga ya ngangguk-ngangguk aja. Sekalinya apes, karena ke-sotoy-an saya, dapet kopi yang rasanya puahiiiitt banget wkwkwk

    Tapi bener kata mas Didi. Surga dunia banget deh tuh kalo ada tempat nongkrong yang Wi Fi nya kenceng, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, banyak ngopi banyak belajar hal baru sih Mas 😁. Jadi kemana Kita ngopi minggu ini ?😂

      Delete
  5. Saya penyuka kopi, dulu kopi pekat, sekarang kopi susu hahaha bahkan jadwal minum obat (kalau pas sakit) harus saya atur agar hari yang sama saya masih tetap bisa minum kopi susu :p Btw kayu manis memang enak diambah dikit ke kopi loh :D atau jahe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu Kita 👊 samaaan Mbak. Tapi kalau lagi sakit terus Gak dibolehin minum kopi ya jangan dulu ya Mbak hahha. Atau dijadikan sebagai obat ? 😂😂😂😂😂. Iya enak kok kayu Manis sama jahe atau rum juga sih (tapi gak halal) hehheh. Asal jangan kebanyakan, nanti bisa2 rasa kopinya hilang 😂😂😂😂😂

      Delete
  6. orang-orang mah doyan beut yak kopi. Aku mah ga doyan...
    pengen gegayaan di coffeeshop gitu ._.
    Kopi yg aku suka cuma permen kopiko.. Bah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha gegayaan 😂😂😂. Kalau emang gak suka ya jangan dipaksain . Etapi, kopiko kan gantinya kopi, ambil saja kopiko, malah iklan 😂

      Delete