Tips Meimilih Teman Travelling yang Sesuai Hati-Nurani

By Didy - 7/18/2018



Saya sebenarnya lebih senang travelling seorang diri ketimbang pergi travelling duo atau bahkan berjamaah, alasannya karena solo travelling bisa menjadi ajang kontemplasi pribadi yang sangat menantang buat Saya yang sangat penting untuk menguji seberapa survive ketika ber-solo travelling.

Tetapi kadang ada saatnya Saya harus travelling bersama teman karena ada alasan tertentu, seperti misalnya masalah keterbatasan dana yang akan lebih baik kalau ditanggung secara share cost. Keseringannya sih Saya lebih memilih tetap ber-solo travelling dan mencari teman untuk share cost secara dadakan dengan teman-teman yang Saya temui dalam perjalanan, entah itu stranger yang menginap bareng satu hostel atau cari random saja orang yang kebetulan memiliki niatan tujuan yang sama.

Alhamdulillah sih, cara ini sampai sekarang cenderung ampuh yang penting harus punya muka tebel alias gak tau malu buat nawarin ikut patungan hehehe. Saya lebih memilih stranger daripada teman yang sudah dikenal karena Saya anaknya lebih ingin berprinsip tidak mau merepotkan teman dan tidak mau juga direpotkan teman, impas kan ?, hahaha.

Selain itu ada juga beberapa sifat teman yang suka gak asyik pas diperjalanan, seperti; tukang ngeluh, Kalau kamu sering travelling pasti menyadari kalau teman yang tipe ini akan ditaro di posisi pertama untuk tidak dijadikan travel mate. bayangkan, selama diperjalanan orang ini akan terus menghantui Kamu dengan keluhan-keluhan tak berkesudahan yang bikin kepala pusing, huft orang kayak gini mendingan ke laut aja hahaha.

Perhitungan soal duit, orang pelit sama hemat itu emang beda tipis sih. Tapi, orang perhitungan cuma ada satu tipenya di dunia ini, yaitu kepikiran banget kalau-kalau Kita terpaksa suatu saat pakai duit dia. Ya memang sih hak do'i, tapi masa tiap pengkolan jalan nagih duit yang sudah dipinjam.

Leletan, gak peduli cewek atau cowok, Saya suka kesel sama orang yang dandannya super lama. Pilah-pilih baju pas mau jalan, ngaca sana-sini sampai berjam-jam kayak mau foto session model victoria secreet wkwkwk.

Selfie freak, jujur Saya juga orangnya demen foto apalagi kalau ke tempat yang baru pertama kali dikunjungi. Tapi gak selfie freak yah !!. Bentar-bentar cekrek, nemu spot bagus dikit cekrek, nemu daun bergerak-gerak dikit cekrek, OMAYYGAAT, sumpah bikin kesel sih asli orang yang modelannya kayak gini, apalagi kalau minta difotoin, Iyuuuuuh.

Nggak mau hidup susah, namanya juga backpaceran gembel ya, Saya sih gak masalah tidur dimana saja asal merem, makan dimana saja asal kenyang dan naik apa saja asal nyampe. Tapi orang tipe ini gak akan mau deh se-frekuensi sama Saya hahhaha, berasa prince sama princess Buckingham gayanya kalau jalan-jalan hihi.

Sepertinya itu saja sih tipe-tipe orang yang harus Saya hindari dan big NO buat diajakin travelling bareng. Tetapi, belakangan Saya jadi penasaran sama teman-teman bule yang menginap di rumah Saya, Mereka travelling berdua sama teman atau pasangan dan kelihatan super akur dan saling menyenangkan satu-sama lain, apalagi Mereka yang couple travelling, di rumah serasa drama telenovella yang penuh kata-kata cinta setiap menit hahhaha, bikin iri Saya yang masih jomblo hiks hiks, ingin rasanya segera memperistri si Dia terus jalan-jalan bareng mengelilingi samudera dan seluruh jagat raya ini, halah kok malah me-LEBAY sih wkwkwk.




Ok, based on my interview terhadap Mereka. Saya akan coba merangkum sedikit tips atau tata cara untuk mencari travel mate yang sesuai hati-nurani hingga akhir hayat;

1. Kesamaan minat 

Memilih teman travellling sebaiknya merujuk pada kesamaan minat, sehingga saat diperjalanan akan memiliki interaksi yang intens. Menurut Saya, ini sih hal yang sangat penting banget, karena biasanya ketika orang memiliki kesamaan minat akan lebih terjalin koneksi hubungan yang mutualisme.

Kamu gak pengen kan sepanjang perjalanan diem-dieman ?, garing karena gak ada hal yang bisa dibahas atau diobrolin. Kalau udah begini sih jatohnya perjalanan jadi gak asyik dan merusak mood, makanya tips pertama adalah carilah travel mate yang memiliki kesamaan minat entah itu sama-sama hobi otomotif, baca, renang, lari, doyan makan de el el. 

2. Mengenal satu sama lain 

Yang dimaksudkan mengenal disini adalah kenali kepribadian temanmu yah. Bukan hanya sekedar mengenal lama tapi justru gak tau kepribadian aslinya. Ajak calon travel mate kamu menginap bareng semacam simulasi sebelum jalan-jalan hehehe, karena biasanya orang akan muncul sifat aslinya ketika sudah 1x24 jam bersama. TRUST ME, IT WORKS !!.

Ingat !!, ajak teman yang sudah kamu kenal kepribadiannya, karena teman yang baik akan membawa suasana hati Kamu berbunga-bunga saat travelling bukan malah bikin bad mood.

3. Standar yang sama

Hal ini sangat berhubungan dengan cara travelling, hendak seperti apa bahtera travelling yang akan Kamu dan temanmu jalani, entah itu backpacking, flashpacking atau malah fancy travelling. Sesuaikan dan diskusikan budget travelling jauh-jauh hari sebelum berangkat dengan Mereka untuk kemudian menentukan lokasi penginapan, moda transportasi yang akan dipakai dan tempat makan model apa yang akan dipilih pas kulineran.

4. Disiplin waktu

Ibaratnya waktu adalah pedang eh Time is money deng, jadi pertimbangan waktu juga menjadi hal yang harus diprioritaskan, disiplin waktu saat travelling kudu dijaga. Biasanya Kita harus memiliki disiplin waktu ketika menentukan berapa banyak tempat yang akan dieksplor dalam satu hari. Oleh karenanya, buatlah kesepakatan mengenai waktu pergi, waktu jalan-jalan, waktu istirahat dan waktu pulang dengan calon travel mate Kamu. Deal ?, Deal aja dah !!.

5. Saling menghargai satu sama lain

Last but not least, carilah travel mate yang respect satu sama lain, ini adalah suatu keharusan ya !!. Didalam sebuah perjalanan biasanya Kita membuat sebuah itinerary dan kudu patuh terhadap itinerary  yang sudah dibuat tersebut. Meskipun Saya pribadi juga bukan orang yang cenderung suka dengan kunjungan-kunjungan yang terencana dan lebih demen hal-hal spontan ketika travelling.

Diskusikan dengan temanmu semua itinerary yang hendak dipakai jangan sampai mementingkan kepentingan diri sendiri sehingga melupakan momen-momen seru dan berharga bersama temanmu.

Sepertinya cukup sekian tips dari Saya, semoga membantu jiwa-jiwa para travellers yang haus akan teman perjalanan hahaha.


Happy Travelling !!!


Cheers 🥂🥂🥂

   

 



  • Share:

You Might Also Like

13 comments

  1. wah, artikel ini menarik banget mas!
    terima kasih buat tipsnya ya :)

    saya jadi inget pengalaman saya traveling dengan beberapa teman, ada yg bener2 enak diajak jalan ada yg enak di awal aja eh ujung2nya malah suka berantem bahkan saya pernah ditinggalin sama temen traveling waktu di Aceh kemarin HAHA

    bener-bener harus pinter-pinter memilih temen, kalau sampai salah, sayang banget, nanti mood liburannya jadi terganggu.
    jadi kita harus bener-bener kenal dulu temen traveling kita sebelum jalan sama dia :)

    btw, maafin jadi curhat ya mas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkw curhat GPP Mbak Gratisan hahahha, Saya juga sih kayaknya Salah satu orang yg jarang cocok Cari temen Travelling jadi lebih milih solo biar gak direpotkan Dan merepotkan hehehhe.
      Harus pinter2 pilih2 temen, semoga artikel ini bisa jadi referensi buat Cari travel mate yg se-hati dan se-jiwa 😂😂😂

      Delete
    2. haha iya mas, kadang traveling sendiri jadi jauh lebih enak ya.
      tanpa harus mikirin rasa enak atau gak enak sama temen.

      nyarinya susah mas, kek nyari jodoh :'(

      Delete
    3. Wkkwkwk susah kek nyari jodoh 😂😂😂😂, iya makanya kalau solo travelling bisa lebih bebas tanpa rasa gak enakan ke temen heheheh..

      Delete
  2. Wahhh kerennn jalan jalannya sama buleeekkk, ditambah lagi hobi dan minat nya sama ya mas , makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhah biasa aja wkwkkwkw. Iya memang harus punya Minat Dan hobi yg sama biar se-frekuensi. Sama2, makasih sudah berkunjung 😁

      Delete
  3. Menarik nih,,
    Travelmate ini emang berpengaruh banget untuk membuat mood travelling selalu menyenangkan.
    Aku setuju nih dengan pendapatnya mas Didi,, tapi aku mau nambahin satu lagi ah,, aku bakal menambah travelmate yang bisa bantuin foto. Bukan bermaksud narsis atau apa sih,, berdasar pengalaman, melihat foto travelling di masa lalu itu sungguh menyenangkan, jadi kalo sudah ada di tempat bagus kenapa nggak ambil gambar bagus juga. Aku juga sering diingatkan tentang cerita di balik foto, semacam di momen tertentu aku kesulitan berkomunikasi dengan orang lokal dan terpaksa bicara bahasa Tarzan, atau pas nyasar di pasar ketemu turis yang ternyata sudah 10 th tinggal di negara tersebut, atau momen ketinggalan pesawat karena bus yang aku tumpangi hanya berjalan sejauh 40 km/jam karena aturan kecepatan di negara tsb memang spt itu.

    Btw,, kalo mau jadi model Victoria Secret nggak perlu bingung milih baju mas :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha, Iya Mbak Din.. Tujuan travel mate kan membantu satu sama lain hehehe. Gpp sih Minta bantuin ambilin foto tapi jangan bentar2 cekrek ya 😂😂😂, Eh iya Victoria Street Kan model buat pakaian ........ 😂😂😂😂

      Delete
  4. Yaa!! Jiwa travelling Sendiri ok punya sahabat lebih bagus apa lagi jiwanya sama seperti kita suka akan Travelling...

    Namun menurut saya agak sulit bila kita mencari lebih dari satu....Tapi kalau hanya satu itu lebih bagus karena bisa bukan sekedar teman, mungkin jadi sahabat...Atau pacar.😄😱

    Dan sisanya mungkin bisa menyusul...Berdua lebih asiikk!! Bertiga boleh saja...😂😂😂

    ReplyDelete
  5. Yaa!! Jiwa travelling Sendiri ok punya sahabat lebih bagus apa lagi jiwanya sama seperti kita suka akan Travelling...

    Namun menurut saya agak sulit bila kita mencari lebih dari satu....Tapi kalau hanya satu itu lebih bagus karena bisa bukan sekedar teman, mungkin jadi sahabat...Atau pacar.😄😱

    Dan sisanya mungkin bisa menyusul...Berdua lebih asiikk!! Bertiga boleh saja...😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi intinya enakan sendiri atau berdua Mas ? Wkkwkwk

      Delete
  6. setuju banget dengan mas didy
    so kita harus tepat dalam memilih partner untuk traveling
    thanks mas tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Tips nya bisa banget dipakai buat pilih temen travelling yg gak ngeselin 😂😂😂

      Delete