Ternyata Minum Jamu di Prambanan Asyik Juga

By Didy - 7/07/2018



Sue ora jamu, jamu godhong telo, sue ora ketemu, ketemu pisan gawe gela...

Kulineran adalah salah satu hal yang menyenangkan mengenyangkan dan pas dilakukan ketika travelling ke suatu daerah tertentu, apalagi dalam hal berburu makanan khas dari suatu daerah di Indonesia. Indonesia yang merupakan negara kepuluan menjadi syurga bagi setiap makanan, terdapat ribuan bahkan jutaan jenis makanan enak yang patut dicoba ketika travelling.

Dua minggu lalu ketika Saya berkunjung ke Yogyakarta Saya benar-benar sediakan waktu khusus buat kulineran. Alasannya, ya gak usah ditanya !!. Tentu saja, karena di Yogyakarta banyak sekali kuliner lezat yang wajib dicicipi.

Saking banyaknya jenis makanan khas Yogyakarta yang wajib dicoba, asli sampe membuat Saya kalap segala macem pengen dicoba hehehe, udah gitu harganya juga ramah di kantong banget.

Mengunjungi coffee shop adalah salah satu agenda wajib yang Saya masukan ke ceklis yang harus dilakukan saat di Yogyakarta. Namun gak afdol kayaknya kalau cuma ngupi-ngupi doang di Yogyakarta. Akhirnya Saya Coba mengunjungi Cafe Jamu Lumbung ketika mampir ke Candi Prambanan.


Lokasi cafe jamu ini persis berada didalam komplek Candi Prambanan, Saya rasa cafe ini bakalan cocok banget buat Kamu yang doyan Jejamuan karena banyak sekali menu jamu yang bisa dipesan, dari mulai jamu-jamu ringan kayak es beras-kencur sampai Jamu kuat/perkasa pria hahaha.

Saya gak pesan jamu perkasa pria kok, tenang udah perkasa ini hehehe. Saya memesan jamu pegal-linu pas di Cafe Lumbung ini, biar gak pegel-pegel aja karena banyak jalan kaki selama di Yogyakarta. Ada kejadian lucu pas mau mesen jamunya, Saya sok-sok an pilih jamu yang agak aneh supaya gak keliatan cemen sama mbak-mbaknya.


Dalam hati, Ok Saya bakalan pesen beberapa jamu yang level nya tinggi semacam jamu brotowali atau jamu pasak bumi (asal baca menu). Padahal Saya juga gak tau kandungan jamu-jamu tersebut atau rasanya seperti apa.

Dengan pedenya Saya bilang ke si Mbaknya;

Saya : "Saya mau segelas brotowali sama pasak bumi ya Mbak", singkat Saya memesan

Si Mbaknya: "yakin mau minum jamu-jamu ini Mase ?"

Saya : " Iya Mbak, emang kenapa ?", sambar Saya

Si Mbaknya: "ini level pahitnya tinggi Mase !!"

Saya : "Ehm pahit banget ya ?, tapi gak sepahit hubungan Kita kan ?" (halah malah gombal wkwkwk), yaudah kalau gitu Saya gak jadi pesan jamu-jamu itu, jamu pegal linu saja Mbak". Hahaha CEMEN ya.

Saya langsung duduk cari tempat duduk yang kosong sembari menunggu pesanan jamu selesai dibuatkan, ternyata ditempat ini gak cuma dikunjungi orang-orang tua pecinta jamu saja, banyak juga kok pasangan muda-mudi yang nongki-nongki sembari menyesap jamu pilihan.


Tempatnya juga lumayan besar dan enak buat nongkrong-nongkrong ganteng sembari menikmati pesona keindahan Candi Prambanan.

Selain bisa memesan jamu, disini juga terdapat mini library gitu dengan koleksi buku-buku yang lumayan asyik buat dibaca. Jadi kayaknya bakalan cocok buat Kamu yang berkunjung sendirian dan hobi baca bisa sambil baca-baca buku.

Gak butuh waktu lama si Mbaknya datang dengan membawa jamu pegal linu pesanan Saya, agak excited pengen buru-buru nyobain rasanya. Saya langsung minum jamunya dengan sekali tenggak, walhasil Saya meradang merasa kepahitan wkwkwk, padahal si cairan pemanisnya belum dateng. Untungnya Saya bawa air mineral di tas hehehe.


Cukup lama Saya nongkrong di Cafe Jamu Lumbung ini, sembari nungguin senja di Candi Prambanan. Saya dibuat terpana melihat keindahan Candi Prambanan sembari baca buku dan minum jamu.

Perpaduan keindahan magis Candi Prambanan, jamu pegal linu dimeja ditambah alunan musik jaz dari panggung musik sebelah cafe membuat Saya bahagia dan berasa lebih Indonesia banget hehehe.

Ternyata minum jamu di Candi Prambanan asyik juga, gak kalah sama nongkrong di coffee shop yang Instagramable. Range harga di cafe ini juga sangat ramah di kantong, rata-rata harga jamu disini dipatok dengan harga Rp. 10,000 saja kecuali jamu-jamu yang banyak dicampur-campur beberapa komposisi, harganya mengikuti harga setiap campuran jamu yang diambil dari kuali-kuali jamu tersebut.


Selain itu, buat Kamu yang mungkin pecinta jamu banget, disini juga bisa membeli jamu-jamu kering untuk dibawa pulang, lumayan kan bisa buat oleh-oleh buat orang tua dirumah. Dijamin bakalan senang karena Kamu perhatian sama Mereka.

Kalau Saya harus kasih nilai untuk tempat ini, Saya beri nilai 8,5 dari range 1-10. Recommended dan gak ada salahnya dicoba ketika mengunjungi komplek Candi Prambanan.

Happy travelling 😎😎😎



  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. wah ciamik amat itu foto candi Prambanan?
    asik euy mas minum jamu, artikelnya antimainstream nih hihi
    tempatnya enak dan harganya juga ga mahal-mahal amat ya. info yg menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Candi Prambanan bagus banget Pas difoto kemaren, baru Sadar kalau terakhir Kali kesana Pas SMP hahahah. Iya dong antimainstream, biar lebih Indonesia Mbak 😂😂😂, tapi tempatnya cozy terus IG-able juga hahahha..

      Delete
    2. saya belum pernah ke sana mas :( semoga bisa disegerakan ke sana, amin.
      hihi keren keren ya, nanti ga mau melewatkan kesempatan buat minum jamu di sana ah :)

      Delete
    3. Hehehhe, Aamiin semoga segera bisa kesana ya. Nanti minum jamu yang banyak biar sehat 😂

      Delete
  2. Wih.. sedap, sayang saya ga suka jamu. Tp klo buat foto sesion, bagus juga gegayaan berasa Indonesia bngt wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gak suka kok Mbak cuman sok-sok an aja wkwkkwk. Iya tempatnya enak IG-able mengindonesia hehehhe

      Delete
  3. Konsep cafe jamu ini seru banget,, ditambah lagi view candi Prambanan dan manfaat jamu itu sendiri. Masukin wishlist ah

    ReplyDelete
  4. Iya Mbak Din :), Keren loh tempatnya semacam traditional meets artsy gitu hahahha. Reccomended dah pokoknya !!!

    ReplyDelete
  5. Wkkkkwwk .. jangan kalap lagi pesan menu makanan saking banyaknya pilihan kuliner di Yogya, mas 😅

    Asik ya minum jamu ditemani pemandangan candi .., berasa seolah di jaman tempoe doloe 👍

    ... yakiin , ngga pesen jamu kuat perkasa tuuh ... ?
    Wkwkkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkw gak bisa kalau gak kalap 😂. Iya dongs Jamu biar Indonesia banget, ayih kok meragukan !!. Saya beneran gak pesan hahahha...

      Delete
    2. Aku juga suka minum jamu,mas.
      Yang pahitan [ brotowali ] pun aku juga suka ☺

      Ough kirain peseeen ... biar sekuat tenaga kuda liar .. wuakakkaa 😂

      Delete
    3. Gilaaak itu brotowali rasanya pahit banget ya, 7 Hari gak ilang2 rasanya dah.. hahhaha kagak Mas Sumpah beneran !! 😂😂😂

      Delete