Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog Untuk Pemula (Updated 2018)

By Didy - 6/10/2018



So, You've been wanting to start your own blog but You have completely clueless how to make it, lah kenapa jadi bahasa inggris sih, ya maap sih hehe.

Ngeblog adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan either dilakukan full time atau part time, karena dengan ngeblog Kita bisa berbagi hal-hal yang Kita tahu kepada hal layak ramai. Bukankah berbagi adalah hal yang menyenangkan ?, salah satu motto Saya dalam ngeblog adalah the more you share the more you get, selain tentu saja mendapatkan pahala dari postingan-postingan yang Saya share, Aamiin hehehe.

I remember how scared I was to start didyrosyidi.id, it seemed like a very daunting task (campur bahasa inggris ya biar sambil belajar hehehe) OMAYGAAAT !!. Tapi, pas udah dijalanin sih ya Alhamdulillah :), tetep kewalahan hahaha. Bukan permasalahan nulis konten tetapi lebih kepada ketakutan dari Sisi teknis set-up blog; misalnya kepanikan saat memiilih domain (nama blog/link URL), memiilih hosting berbayar atau gratisan kayak blogger.com , wix.com, wordpress.com, thumbler.com DLL. Selain itu, masih banyak lagi perintilan teknis yang menakutkan pada saat Saya memulai blog ini.

Rasa-rasanya berada dalam kegamangan membuat blog dan bingung mau nanya ke siapa itu adalah hal yang sangat menakutkan, lebih menakutkan daripada ditinggal seseorang nikah sama orang lain. Nah, berdasarkan pengalaman Saya terombang-ambing dan googling sana-sini mencari tutorial lengkap tentang cara membuat blog tapi gak nemu-nemu artikel yang pas hemh.

Akhirnya, Saya ingin berbaik hati sharing tutorial lengkap membuat blog dari awal sampai running di jagat dunia maya hehe.

Oke, Saya rasa sudah kepanjangan intro-nya hehehe. Dalam tutorial ini, Saya merekomendasikan pembuatan blog yang berbayar entah itu dari segi domain (nama blog) ataupun hosting (rumah bagi blog) menggunakan wordpress.org (install di hosting, sabar nanti diajarin tutorialnya kok) supaya blog Kamu nanti terlihat sangat professional dan serius bukan hanya hobi belaka hahaha.


3 Step Mudah + Tips Memulai Sebuah Blog:

  • Step#1: Register nama domain + web hosting (5 menit)
  • Step#2: Install wordpress.org (5 menit)
  • Step#3: Install tema blog (10-15 menit)- Sampai sini sebenarnya blog sudah jadi.
  • Tips#1: Buat postingan yang menarik dan kreatif
  • Tips#2: Promosikan blog 
  • Tips#3: Making money $$$ 

Step#1 Register Domain + web hosting

Make sure nama domain yang akan Kamu beli 2S1E (short, simple and easy) supaya mudah diingat oleh pembaca blog Kamu nantinya.

Nama domain akan menjadi alamat URL blog Kamu nantinya, contohnya; didyrosyidi.id ini. Sedangkan, web hosting akan menjadi rumah bagi domain tersebut, mengenai seberapa luas dan mewah rumah tersebut tergantung dari paket hosting yang dibeli. 

Sampai sini sudah paham ?

Gampang kan ?, lanjut berarti hehehe..

Disini Saya akan merekomendasikan Domainesia sebagai layanan penyedia domain dan hosting terpercaya di Indonesian. Awalnya Saya cuma iseng googling dengan kata kunci "beli hosting murah Indonesia" dan voilla, muncul lah si Domainesia ini. Dan Alhamdulillah, sampai sekarang Saya gak nyesel, selain Karena harganya yang sangat terjangkau, pelayanannya juga sangat memuaskan. Bayangkan, Saya beli domain dot id hanya 65 ribu rupiah saja waktu itu per tahun, iyess setahun, murah kan ?.

Selain itu, Mbak sama Mas customer service nya juga baik banget,  fast response dalam melayani konsumennya. Saya bahkan chat via ticket Domainesia, chat WhatsApp dan email juga, ketiganya dibales cepet banget. Maafkan Saya yang bawel ya Mas/Mbak nya hehehe.

Cara sign-up hosting dan domain baru:

  • Kunjungi domainesia.com dan bikin akun (klik disini untuk mendapatkan diskon dan gratis domain setiap pembelian paket 2GB).

  • Masukan nama domain yang akan dibeli dan cek ketersediaanya.

  • Pesan paket hemat, hingga nanti akan dibawa ke pilihan server yang akan dipilih (Dallas, Jakarta, Singapore atau Tokyo), pilih 1 tahun untuk 2 GB dan server Singapore yang sangat reccomended dan gratis nama domain juga, terus nanti tersedia nominal yang harus dibayar.

  • Masukan email untuk pengiriman invoice dan detail pembayaran dan masukan troli (bisa juga dilihat di billing akun Domainesia Kamu)


  • Lihat invoice dan bayar deh



  • Tinggal konfirmasi pembayaran Kamu, sekarang web hosting dan domain Kamu sudah siap digarap.

Step#2: Install WordPress

  1. Masuk ke member area dari hosting yang sudah dibeli dikirimkan via email, kemudian cari logo wordpress dan pilih install

  2. twelve skip.com
  3. Masukan domain yang sudah dibeli tadi, selanjutnya install now, akses wordpress yang sudah terinstall dan log in deh via email dan password yang digunakan di akun wordpress Kamu.

twelveskip.com
twelveskip.com
twelve skip.com

Congratulation !!, sampai sini blognya sudah jadi, tinggal dipercantik saja dengan tema yang diinginkan.

Step#3: Install Tema WordPress

Kamu bisa pilih tema gratisan yang banyak disediakan sama wordpress nya sendiri atau kalau banyak duit bisa beli yang premium heheh.

Cara install;
Log in ke akun WordPress, sudah ?, Ok kalau sudah lanjut pilih menu Appearance> Themes> Install themes, pilih tema yang diinginkan disana, kalau udah beli sih tinggal buka file HTML yang sudah dikirim by email si penjual saja.

Rebesss !!, 
Yeay !!, Sekarang blog Kamu officially sudah jadi dan cantik, kalau masih mau dandanin lagi sih silahkan lanjut deh ya sesuai selera.

Step#4 mulai ngeblog

Blog sudah jadi dan cantik, terus ngapain lagi ?. Ya mulai nulis postingan artikel lah helllaaaaw hahahha. Tulislah artikel yang valuable, alias bermanfaat bagi si pembaca sesuai niche yang dipilih entah itu fashion, blogging, travelling, makanan DLL.

Saya punya tips untuk menulis artikel yang valuable;
  1. Kembangkan writting style sesuai karakter Kamu
  2. Make sure update blog Kamu, entah setiap 2 hari sekali, seminggu sekali atau sebulan sekali (kalau tiap hari sih kayaknya jangan nanti Kamu kelelahan sendiri)
  3. Gunakan judul yang eye-catching sedikit click bait juga GPP (sedikit ya, please !!)
  4. Tambahkan foto/gambar yang relevan sesuai tema postingan
  5. Tambahkan share button, sehingga postingan cepet viral 
  6. Jangan lupa submit ke Google Console setelah beres nulis dan edit supaya masuk page one Google.

Step#5 Promosikan blog

Pas blog masih baru biasanya reputasi di mata search engine (Google, Bing atau Yahoo) masih belum bagus jadi sudah kewajiban Kita untuk mempromosikannya ke berbagai kanal seperti;

  1. Social media (FB, Twitter, Instagram, WhatsApp, BBM, Google plus DLL)
  2. Ikut forum sesuai topik blog
  3. Ikut komunitas blogging
  4. Be friendly, caranya dengan sering-sering berkunjung ke blog orang lain (blog walking), tinggalkan komentar tapi jangan spamming ya, langsung bales komentar pengunjung blog Kamu yang meninggalkan komentar
  5. Belajar SEO (Search Engine Optimization) bisa googling, nonton YouTube atau kursus kalau banyak duit hehe.

Last Step, bagian yang paling menarik: Make Money

Of course Kita bisa bikin duit dari blog Kita, banyak cara monetize blog misalnya; daftar jadi publisher Google AdSense, daftar affiliate marketing, nulis artikel paid post dan masih buanyak lagi (nanti bakalan dibahas lebih lanjut di postingan terpisah ya, SABAR hehehe).

Saya sih coba join sebagai publisher Google AdSense (pay per click) dan aneka affiliate marketing (pay per sale) yang Alhamdulillah terbukti menghasilkan duit wkwkwk. Jangan patah semangat pokoknya terus kerja keras, but please motivasi nya jangan ke arah duit dulu karena pasti bakalan frustasi dan ujung-ujungnya males buat nge-blog.

Cukup sekian ya tutorial nya, semoga bermanfaat dan menjawab keresahan seputar pembuatan blog, kalau masih bingung tentang semua settingan ini di Domainesia sebenarnya bisa langsung minta di setting-in sih sama Mas/Mbak customer service nya, tapi kan ini jatohnya Kamu gak belajar sendiri dan kurang berakit-rakit dahulu hehehe.

Semangat nge-blog
Cheers 🍻🍻🍻

P.S: This article may contain some affiliate links, it means I may get some commision if you purchase through the link. Read full disclosure.



  • Share:

You Might Also Like

21 comments

  1. Mantap ulasannya,mas Didi.
    Ditulis secara detil prosedurnya.

    Sukses ya publisher Google Adsensenya dan affiliate marketingnya 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha Makasih, semoga membantu buat yang belum bisa bikin blog :). Kalau Mas nya sih udah Jago ya jadi gak perlu baca postingan ini harusnya hahahah. Aamiin, makasih doannya 🙏🙏🙏

      Delete
  2. Makin mudah aja ya, Mas sekarang mah. Asal ada kemauan aja.
    Semoga membantu mereka yang baru mau membuat blog. Udah kurang apa lagi coba, mas Didy aja udah bikinin tutorialnya ya, mantap, Mas :)

    ReplyDelete
  3. Iya udah mudah banget, gak kayak zaman dulu yg mesti bikin web statis dulu baru upload hahaha. Sekarang tinggal install WordPress.org langsung obline, custome domain terus pake hosting blogger juga udah gampang sekarang mah. Iya semoga membantu Aamiin 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, asal mau aja udah bisa ya, Mas.
      Bahkan untuk yang bener-bener awan juga mudah.

      Delete
    2. Iya siapapun bisa, mudah dan gampang. Kuncinya ya MULAI aja hehe...

      Delete
  4. Mantap cara membuat blognya kang, sangat lengkap dan bermanfaat buat newbie yang mau bikin website atau blog.. keren abis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iya Teh :), Semoga banyak yang baca buat temen2 calon blogger yang baru mau mulai ngeblog heheh.

      Delete
  5. pernah juga domain sewa tahunan dengan hosting juga
    tapi terlalu sering down servernya
    mungkin salah pilih sewanya kali ya
    akhirnya numpang google saja sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah gitu ya, iya kalau sering down agak menghawatirkan. Apalagi down, lemot bikin pengunjung kesel Mas hehehe...

      Delete
  6. 2009 udah kenal dunia blog, terus bikin ditahun 2012, sempat malas ngeblog, Alhamdulillah bulan April kemarin gua kembali lagi berkat motivasi dukun beranak yang nggak pernah beranak hehe, tutorial nya keren, sampai dapat duit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah perjalanan sejarah blog nya Mas, blog sampean ya lucu2 postingannya wkwkwk.. Ah lebih ke membantu artikel tutorial jelas aha sih, kalau perihal duitnua alhamdAlhamdu ngikutin hehehhe..

      Delete
  7. tutorial yang terbaik..

    bahagian make money ambil masa sedikit la

    ReplyDelete
  8. Heheheh Iya dongs !!.
    Ambil aja Mas :), (eh ini mau ngambil tips nya sedikit atau tips tulisannya terlalu dikit ?) Wkkwkwkwk. Soal duit kudu Semangat ya 😁

    ReplyDelete
  9. Ya, bingung dan cemas itu sudah pasti, apalagi membuat blog yang super rumit. Tapi biasanya orang pinginnya yang mudah dan cepat jadi.

    Kalau sewa server biasanya khawatir down mas, apalagi server yang ok sedikit mahal..he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bingung ya pas Masih awal-awal ya tapi sepanjang berajalannya waktu jadi tambah Jago ya 😁. Itu sih yg harus dipikirkan pas pilih jasa penyedia hosting, biar gak kalau mikirin server down hehehe..

      Delete
  10. ulasannya mantap informastif banget mas, bisa jadi rekomendasi untuk blogger yang ingin punya blog.

    ReplyDelete
  11. Iyess hehhe, semoga membantu Dan bermanfaat yah :)

    ReplyDelete
  12. Kaka.. mau ajarin aku dong! km keren kak, lari so fast!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkw, Teh Emma becanda wkwkwkkw. Gue dulu Kan grow begini atas motivasi dan bimbinganmu wkwkkw, Gue mah cuman learning by doing aja hahahha. Sama rajin post seminggu 2x (minggu Lebaran ini belum wkwkwk). Paling seneng meriksa statistik traffic source sekarang banyak banget organic dari Google dengan keyword macem2 hahahha. Pernah Ada yg ketik "gambar black panther" terus nyasar ke review film Gue Ada juga Yang ketik "Curug Tomo" nyasar juga ke pengalaman Gue kesitu, gilak gak nyangka berkat rajin post bounce rate Gue semakin Kurus dimata Google bahkan untuk short tail keyword, AlhmaAlhamdul. SEO mah juga Gue seadanya, belajar Dari YouTube sama googling aja. Hayo SEMANGAAAAT teh !!, Keep Rock 💃💃💃💃💃

      Delete