Karang Bolong yang Ngengenin

By Didy - 6/17/2018



Karang, karang apa yang ngangenin ?

Karang Bolong dong (jawab sendiri, GPP garing juga) hehehe.

Ini sebenarnya pengen share cerita aja, seberapa sering sih Saya mengunjungi  berlibur ke salah satu pantai cantik di gugusan Pantai Anyer ini, Pantai Karang Bolong namanya. Seriusan, pantai ini ngangenin banget (buat Saya), terbukti dengan seringnya Saya mengunjungi pantai ini. Selain karena aksesnya yang mudah untuk sampai ke tempat ini, alasan kuat lain juga karena pantai ini bener-bener ngangenin (buat Saya) terlebih kalau sampe dapet ngeliat sunsetnya.

Beuuh beneran deh cantik banget Si Pantai Karang Bolong ini; 11:12 sama Bali lah hehehe; duduk santai beralaskan pasir putih yang empuk sambil menyedot kelapa muda ditemani pemandangan lautan lepas biru yang mulai temaram terkena sinar matahari yang mulai tenggelam, apalagi sambil ditemani si Dia yang disayang (waduh malah menghayal lagi, WAAAAKE UUUUUP !!!).

Eits ini bukan hayalan kok (ditemani si Dia yang disayang nya sih emang hayalan), bujuk rayu atau gombalan belaka supaya Kamu berkunjung ke Pantai ini loh. Gak ada sama sekali niatan buat ngeracunin Kamu buat tiba-tiba bergegas kesini loh, etapi kalau emang beneran mau pergi kesini ajak-ajak yah !!.


Menurut cerita yang beredar, pantai ini awalnya dikenal dengan Nama Karang Suraga yang literally diambil dari nama seseorang yang berilmu tinggi dan betapa di tempat ini hingga akhir hayatnya.

Seiring berjalannya waktu, pantai ini mulai dikenal dengan nama Karang Bolong. Sesuai dengan namanya, di pantai ini memang terdapat sebuah karang yang berlubang gede (Bolong; dalam bahasa Sunda).

Para ahli geologi memperkirakan lubang ini berasal dari kikisan air laut dalam waktu yang lama. Adapula yang menyatakan bahwa lubang tersebut terbentuk akibat letusan Gunung Krakatau. Hingga kini, penyebab berlubangnya karang tersebut belum diketahui pasti (Sumber: wwww.bantenwisata.com).

Pas bulan puasa kemarin Saya dan teman-teman mengunjungi pantai ini, ah time flies so fast. Ketika si Mauro dateng jauh-jauh dari Jerman, awalnya sih gak ada niatan juga buat mantai pada siang bolong pas puasa tapi setelah capek main di air terjun Curug Cigumawang, Saya memutuskan untuk pergi ke pantai ini random aja hahaha.


Tapi Alhamdulillah sih pas cuacanya mendukung dan lagi bagus-bagusnya, jadi ya berasa gak nyesel aja sih ngajakin teman jauh ke tempat ini. Berasa ada kepuasan tersendiri kalau Mereka bahagia dengan tempat yang Saya usulkan untuk dikunjungi terutama di Banten (sekalian promosi kan, tetep hahaha). Tapi memang sih setiap beberapa kali ada temen yang dateng berkunjung ke Serang-Banten, Saya seringnya mengajak Mereka ke pantai ini karena memang pemandangannya juga gak mengecewakan asli. Selain itu, pantai ini juga memang ngangenin banget (buat Saya) serasa ada magnet yang selalu narik balik ketika hendak mengunjungi pantai lain sepanjang deretan Pantai Anyer.

Nilai plus dari pantai ini juga terletak pada komplit nya varian aktivitas yang bisa dilakukan disini, bisa berenang di pantai berpasir putih, naik-turun tangga Karang-Bolong yang membawa ke pemandangannya yang luar biasa, bisa kulineran juga, atau kalau udah bosan bisa naek banana boat buat menguji sedikit adrenaline.


Etapi kalau boleh jujur ya, sekalipun pantai ini ngangenin (buat Saya) dengan semua keindahannya disana, ada juga penilaian negative sama pantai ini (maafkan), yaitu dalam hal kebersihannya yang lama-lama mulai nyebelin, ini memang ulah para pengunjung yang tidak bertanggung jawab sih, terus bayar parkirnya juga suka gak normal apalagi pas hari libur, tiket masuk pantai ini juga kadang suka berubah kalau hari libur besar huftt, warung-warung yang jualan seafood juga harganya suka gak kira-kira.

Untungnya pas bulan puasa kemarin semuanya normal, kayaknya sih karena bulan puasa memang lumayan sepi pengunjung jadi Mereka (penjaga pantai) gak bisa naikin harga tiket-tiket semaunya. Jadi Alhamdulillah, semua biaya terkontrol dari bayar parkiran Rp. 10,000 per motor dan tiket masuk pantai Rp. 15,000 per orang. Jadi, overall hanya Rp. 25,000 saja totalnya beneran terjangkau deh hehehe. Soalnya pernah deh pengalaman ke tempat ini bayar parkiran mobil sama tiket masuk orangnya sampe Rp. 300,000 untuk berempat, seriusan. Pas makan di warung seafood seberang jalan pantai ini juga sampe Rp. 500,000 padahal makannya dengan menu biasa aja dan porsi yang juga biasa aja, huftttt.

Tapi yaudah lah yah jangan banyak mengeluh jadi orang hehehe, kan niatanya mau liburan. Tapi saran Saya sih kalau mau ke pantai ini tetep tanya kepada mamang-mamang tiket official nya semua harga-harganya, nego juga GPP kalau bisa wkwkwkwk, jangan sampe niat mau liburan yang menyenangkan malah kecut gegara persoalan ini.

Untuk menuju pantai Karang Bolong dari Jakarta atau Tangerang, bisa ambil rute tol Jakarta-Merak dan keluar pada gerbang tol Cilegon-Banten. Selanjutnya ikutin petunjuk jalan menuju Pantai Anyer. Susuri wilayah Pantai Anyer menuju Pantai Carita. Sebelum sampai di Pantai Carita, Pasti Kamu nemu Pantai Karang Bolong yang berada di sisi kanan jalan (dari arah Cilegon).

Kalau boleh Saya rangkumkan dan kasih tips tentang Pantai ini;
  1. Pemandangannya indah banget, apalagi pas sunset nya. Amazing !!
  2. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, misalnya; berenang, hiking ke Karang Bolong nya, foto-foto cantik, surfing, maen banana boat sampe naek-naek pohon juga bisa
  3. Selalu waspada sama harga-harga disana, terlebih tempat makan karena biasanya mereka gak mencantumkan harga di daftar menunya (tanya-tanya aja nego lebih bagus)
  4. Untuk menuju tempat ini beneran gampang kok, kuncinya ya harus berada di jalan Cilegon yang arah Pantai Anyer, kecuali kalau yang dari Serang banyak jalan menuju tempat ini
  5. Ajak temen kalau bisa daripada garing nanti sendirian disana, apalagi sambil galau nangis di pojokan pantai karena gak ada temen (drama).


Akhirnya, Saya harus menyudahi tulisan ini ya. Semoga bermanfaat dan membawa berkah buat Kita semua, Aamiin hehehe. Yakin deh, pantai ini beneran ngangenin (buat Saya) jadi hayoo lah kuyyy ke Pantai Karang Bolong.

Happy holiday 😊😊😊...









  • Share:

You Might Also Like

22 comments

  1. Asli kren pantainya lengkap dengan spot yang bisa dijadikan tempat foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm iya bagus banget kayak Bali :). Hayo kesini ..

      Delete
  2. wah bagus banget pas, bisa jadi rekomendasi nich untuk jalan-jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget bro, apalagi ini libur lebaran. Hayo ke Karang Bolong !!!

      Delete
  3. Pantai keren kayak gitu harusnya dijaga dari sampah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah harusnya begitu !!, Tapi gak ngerti lah sama pengunjung yang hobi nyampah 😪

      Delete
  4. Kalau lagi rame bisa ajaib begitu ya mas untuk tiket masuknya serta makannya
    Jade serem kalau mau maen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha kayaknya Di Indonesia emang semua tempat begitu sih. Etapi, Belitung pada gratisan sih masuknya, etapi jangan takut dong tetep ke Karang Bolong aja. Itumah biar waspada aja mas :)

      Delete
    2. Kesimpulannya bawa bekal makanan aja dech nanti biar ndak sport jantung lihat tagihan makan 🤣🤣🤣🤣

      Delete
    3. Wkwkkwk asiik juga kayaknya, Kan berasa piknik gitu ya 😂

      Delete
  5. Keren bangat ini pantai. Sudah dua kali kesana dan gak pernah bosan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh udah sering kesana rupanya, emang orang mana mas nya ?

      Delete
  6. kuy ah liburan ke pantai karang bolong.. nanti abis lahiran mau langsung main ke pantai .. lagi kurang vitamin sea nih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lancar2 proses persalinannya Mbak :) biar bisa cepet ke Karang Bolong hehheheh..

      Delete
  7. wih, seru amat mas cerita perjalanannya :)
    2 hal yg mengalihkan fokus saya: 1. sunset di pantai yang cantik dan 2. bule ganteng yang foto bareng mas haha

    terima kasih sudah sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru Mbak :). Hayo atuh ke Karang Bolong deket kok Dari Jakraya, etapi Mbak nya Dari Jakarta apa bukan ya hahahah. Waah kok Salah fokus ke Mas Bulenya, ini yg nulis cerita gak kalah GANTENG kok 😂😂😂😂😂

      Delete
    2. haha saya domisili Bogor mas, tapi deket lah ke Jakarta hihi
      iya iya mas, itu bule sendirian aja mas? *masihajabahasbule wkwkkw

      Delete
    3. Oalah Bogor mah deket Mbak Ke Serang tinggal Naik commuter line ke Tanah Abang terus sambung Rangkasbitung cuman 8 ribu terus sambung 3000 lanjut Anyer heheheh. Hahahhaha itu sendirian kok, Dia sendirian aja sih, itu Emang sengaja maen ke Serang, temen backpackeran dulu heheheh..

      Delete
    4. wahiya, siap noted. infonya lengkap bener deh hihi
      nanti kalo saya main ke Serang udah ada guidenya ini mah, mantap!
      siap siap, salam ya mas! haha

      Delete
    5. Ehm siap, tinggal kontak aja Pas kesini Mbak hahhaha . (SKSD, padahal Kita belum kenal wkwkkwk). Walaiakumsalam Mbak, Saya aja yg jawab salamnya ya 😁😁😁

      Delete
  8. aish, siap siap mas. makasih ya :)
    hahahha iya siap, makasih udah dijawab salamnya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip, disegerakan ke Karang Bolong Mbak 😬. Hahahhaha

      Delete