Untukmu yang Susah MENABUNG

By Didy - 5/05/2018


Ngomingin yang namanya menabung pasti Kamu adalah salah satu dari orang yang susah buat rutin menabung. Iya kan ?, Hayo ngaku aja deh ?, Soalnya gak mungkin kalo rajin menabung bisa nyasar ketulisan Saya ini hahaha. Tenang saja, Kamu gak sendiri kok. Karena Saya juga termasuk dalam kaum yang susah buat nabung, padahal seperti kata pepatah "menabung adalah pangkal kaya". Jadi, kalau pengen kaya ya kudu mau nabung. Meskipun aplikasi menabung itu susah-susah-gampang. Kayaknya selalu saja ada alasan yang membelokkan niatan menabung setiap bulannya.

Entah beli baju baru lah, beli gadget baru lah, kamera baru lah de el el yang baru-baru. Padahal kalau Kita mau sedikit saja menekan hedonisme, dengan menabung rutin pasti diakhir tahun bisa punya banyak duit, lumayankan duitnya bisa dipake jalan-jalan, beli gadget atau kamera baru yang sudah diimpikan atau malah bisa buat modal nikah. Eh~

Buat Saya sih ya juga sama kayak kalian-kalian yang gak demen nabung hahaha, tetapi semenjak dua tahun lalu Saya tersadar betapa pentingnya menabung. Pasalnya, kalau terus-terusan boros kayak begini mau jadi apa nasib Indonesia, bisa-bisa duit buat modal nikah kagak kekumpul-kumpul deh hihihi. 

Adalah Mas Ipho Santosa dan Mbak Ini Vindy yang berjasa membuat Saya punya kesadaran untuk menabung dengan cara yang nyentrik dan anti mainstream ini. 

The power of 20,000 sebutannya, awalnya sih Saya agak bingung, kok ya bisa-bisanya si duit ijo ini bisa se-trending itu di Twitter beberapa tahun lalu. Karena Saya orangnya super KEPO, ya langsung aja telusurin di Mas Google dan ternyata ini adalah sebuah gerakan menabung dengan pecahan uang 20,000an. Jadi, kalo nemu duit 20,000 dimanapun dan kapanpun wajib ditabung, gak mau tau pokoknya kudu masuk celengan.

Dari beberapa orang yang sudah menjalankan pola nabung yang nyentrik ini katanya sih kalo rutin menabung setahun saja udah bisa dapet 10 jutaan, yang paling terkenal sih si Mbak Ini Vindy (yang Saya sudah debut namanya) seorang beauty vlogger kenamaan ngalam (read: Malang) yang rutin menabung duit pecahan 20,000an di botol bekas air minum gede, dan hasilnya luar biasa beliau dapet berpuluh-puluh juta dari beberapa botol air minum yang berisi duit 20,000an tersebut. Serasa tertantang buat ngebuktiin kebenarannya, Saya pun berujar mantap dalam hati "Gue kudu ikutan" masa begini doang kagak bisa, nabung duit 20,000an doang mah encer hehehe (padahal pas dijalanin susah).

Tabungan yang baru 5 hari

Wah ternyata pas dicoba hasilnya leh uga, pengalaman Saya tahun lalu bisa sampe kebeli kamera DSLR yang sudah lama Saya impikan. Ya walaupun itu sempet banyak godaan juga. Kadang suka gatel tangan ngeliat duit bejubel di botol, bawaannya pengen make aja, entah buat beli tiket nonton lah, diambil beberapa lembar buat modal ngopi di kafe lah dan banyak lagi sederet godaan yang membayangi. Kalau gak kuat-kuat iman alamat batal acara rutin menabungnya.

Untunglah keinginan dan tekad bulat digoreng dadakan mampu menepis semua godaan tersebut. Jadi, setiap ada 20,000 didepan mata mindset Saya sudah berubah menjadi tabungan.

Ya walaupun kadang suka agak gedek sih kalo pas belanja terus kembaliannya 20,000an semua, alamat gak makan-makan enak seminggu ini wkwkkw, tapi yah namanya juga sudah janji jadi mau gak mau kudu ditepati. Hari ini misalnya, enggak tau kenapa pas tadi belanja bulanan kembaliannya 20,000an semua tiga lembar, terus pas beli bensin kembaliannya 20,000an juga selembar, belum puas sampe disitu Saya diuji pas beli aksesoris hape kembaliannya juga 20,000an juga, alamak nampaknya hari ini kudu udahan belanjanya deh daripada duit ditabung semua hahaha (gak bener ini jangan ditiru ya).

Padahal semakin banyak 20,000 yang berhasil disisihkan setiap harinya maka akan berbanding lurus dengan banyaknya tabungan diakhir tahun. Tapi jujur sih, selama ngelakuin #ThePowerof20K challenge ini jadi tambah semangat buat nabung terus berasa asik aja gitu nabungnya, kadang sehari bisa nabung sampe 200 ribu tapi kadang juga berhari-hari gak nabung karena Alhamdulillah gak nemu 20,000 *Ups hehehe.

Saya punya beberapa tips biar nabung dengan cara #ThePowerof20K challenge ini berhasil sampai tujuan akhir yang ingin dicapai, berikut tips nya, CEKIDOT~

1. Siapkan wadah bersih buat nyimpen duit 20,000an nya, bisa dibotol bekas air mineral, botol beling, food container atau apa aja yang bisa dijadikan wadah

2. Tulis kata-kata penyemangat tujuan menabungnya, misalnya kalau tujuan akhir buat jalan-jalan ya tulis aja negara atau tempat yang ingin dikunjungi, kalau semisal tujuan akhirnya buat beli gadget baru ya tulis juga, boleh juga biar lebih real dan terasa dekat dengan tujuan akhir Kamu bisa tempelin foto-foto pendukung, biar makin semangat nabungnya

3. Kurangin hangout diluar, kurangin nonton bioskop (ini agak susah😂), jauhi coffee shop (ini agak susah juga 😂)

4. Biasain bawa bekel sama bawa wadah air minum (buat refill minum) kalo mau ngantor atau sekolah

5. Bawa duit cash seperlunya saja, karena laper mata disinyalir akibat adanya duit lebih di dompet. Bisa juga catet pemasukan dan pengeluaran biar perhitungan duit cash yang harus ada di dompet pas

6. Tetap konsisten, kalau nemu duit 20,000 (bukan duit orang) dimanapun dan kapanpun wajib masuk ke celengan.

Sederhana kan tipsnya ?
Pasti bisa lah menabung kalau caranya ASYIK kayak begini. Bayangkan kalau sehari saja bisa menabung 5 lembar 20,000 (artinya kan 100 ribu ya hahaha, GPP biar lebih imut kedengarannya dibacanya wkwkkw) dikali 365 hari. Nah berapa tuh, banyak deh pokoknya. Yaudah cukup sekian, semoga postingan ini membantu Kamu buat lebih rajin menabung.

Semangat menabung 😀😀😀


  • Share:

You Might Also Like

0 comments