Hai Ide, I'm gonna catch You !!

By Didy - 5/13/2018



Dalam hidup pasti setiap manusia membutuhkan yang namanya ide untuk berkarya, karena tanpa ide pikiran Kita tidak akan terangsang atau terdorong untuk melakukan sesuatu terlebih untuk suatu hal yang bersifat kreatif. Mau jalan-jalan ke suatu tempat pasti butuh ide tempat yang ingin dikunjungi, mau membangun usaha sendiri pasti butuh ide usaha apa yang cocok, mau nulis buku atau blog pasti butuh ide tulisan, mau pilih-pilih pakaian buat bepergian juga pasti butuh ide gaya berpakaian yang tepat sesuai acara yang hendak dihadiri. Pokoknya, selama seseorang itu masih hidup pasti gak bisa terlepas dengan yang namanya 'IDE', iya kan ?

Terjebak dalam situasi kemacetan pas office hours, selain bikin Saya senewen tingkat dewa, sebenarnya juga memberikan Saya kesempatan untuk memikirkan banyak hal. Misalnya saja, ketika Saya stuck ditengah kemacetan yang super padet-merayap, mau maju susah, mau putar balik kebalakang juga gak mungkin, tiba-tiba saja dapat ide buat nulis di blog. Misalnya saja, saat sedang berdesak-desakkan di kereta commuter line dari stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Rangkas Bitung muncul ide/inspirasi buat menulis tulisan untukmu yang susah menabung karena ngeliat ibu-ibu yang lagi ngeluarin duit 20 ribu pas bayar dikasir roti boy.

Yes, ide itu memang susah banget buat dipredikisi kapan datengnya, kalau ditungguin pasti gak dateng-dateng bahkan dia suka sombong dan gak jadi datang menghampiri Kita malah, kan suka KEZEL banget ya kalau sudah begini. Saya pernah baca bukunya Elizabeth Gilbert yang berjudul 'Big Magic', Si Mbak Elizabeth yakin kalau sebenarnya ide itu bertebaran dimana-mana (kayaknya paling banyak berkeliaran dikamar mandi wkwkwk), akan tetapi Mereka menunggu orang-orang yang tepat untuk dihinggapi. Jadi, ide dan inspirasi itu bisa dateng kapan saja dan darimana saja tidak peduli kesiapan Kita.

Saya sendiri selalu siap-siap dengan membawa note dan pulpen kemana-kemana, jadi kalau-kalau Mereka tetiba dateng ya tinggal catat aja semuanya. Karena kalau sudah hilang Mereka itu lama balik laginya atau bahkan gak balik lagi. Kalau diibaratkan dalam komik atau film-film kartun, biasanya akan muncul lampu bohlam yang bersinar terang ketika tiba-tiba saja sang tokoh utama mendapatkan ide atau inspirasi yang cemerlang. Nah, saat itulah Kita wajib menangkapnya dengan buru-buru mencatatnya, percaya deh kalau ditunggu entar-entar pasti seringnya lupa dan menguap begitu saja.

Dalam hal antisipasi kalau-kalau si ide gak muncul-muncul, biasanya Saya akan mencarinya sendiri jadi gak usah ditungguin karena biasanya sesuatu kalau ditunggu suka gak jadi dateng atau malah berpaling ke yang lain. Eh~

Ada beberapa hal yang biasanya Saya lakukan untuk memanggil ide biar cepet muncul, herewith Saya coba rangkumkan beberapa hal yang biasanya Saya lakukan untuk memanggil ide:

Perbanyak membaca buku


Apa yang Kamu harapkan dari membaca sebuah buku ?, Referensi ?, Wawasan ?, Ide dan inspirasi ? tentu saja semuanya, bukan ?. Buat Saya sendiri, selain memang untuk menambah wawasan, Saya juga berharap untuk mendapatkan sebuah ide untuk memecahkan permasalahan yang sedang Saya hadapi.

Tidak usah diragukan lagi kalau membaca itu memiliki segudang manfaat dan salah-satunya untuk memunculkan ide. Membaca tidak hanya meningkatkan kemampuan otak secara lebih komorehensif, tetapi juga bisa menstimulus memori Kita. Sering sekali Saya mendapat ide yang cemerlang ketika membaca sebuah buku bahkan ketika baru jalan beberapa halaman buku yang sedang dibaca, kalau sudah begini buru-buru Saya mencatatnya sebelum kemudian melanjutkan membaca kembali buku tersebut.

Menonton TED talk

A post shared by TEDxJakarta (@tedxjakarta) on

Ini sudah bukan rahasia umum lagi kayaknya, kalau menonton video-video TED talk atau menghadiri langsung TEDx talk pasti bisa memunculkan ide brilliant setelahnya. Iya kan ?

Sesuai dengan tagline nya " ideas worth spreading" dimana sebuah ide akan lebih berharga jika disebarkan, di acara TED talk akan ada tokoh-tokoh yang sangat berkompeten yang akan memaparkan ide sesuai dengan latar belakangnya masing-masing. Menurut Saya acara ini lebih dari sekedar tempat berbagi ide dan gagasan, karena di TED Kita akan mendapatkan segala wawasan dan berbagai disiplin ilmu yang dipaparkan langsung oleh pakarnya.

Misalnya saja, video TED talk nya Bill Gates yang membahas seperti hubungan nyamuk, malaria serta pendidikan yang membuat Saya terinspirasi dan mendapatkan ide-ide segar setelah menontonnya. Dan luckily, tahun ini Saya sudah resmi menjadi volunteer untuk TEDx Jakarta, woaw can't wait !!, untuk TEDx Jakarta tahun ini.

Bepergian ke tempat baru


Biasanya ide akan mudah muncul di tempat-tempat yang belum pernah Kita kunjungi sebelumnya, karena semua yang ada disana akan dianggap menarik oleh otak Kita, iya gak sih ?, kalau Saya sih iya, entah itu saat pertama kali menginjakkan kaki pertama kali, melihat tempat-tempat indah dan menyenangkan, berkenalan dengan orang baru dan ambience yang tidak seperti biasanya.

Percaya deh, terlebih kalau pikiran sedang buntu-buntunya bepergian ke tempat baru itu worth it, karena ide atau inspirasi gak bisa muncul karena otak Kita udah stuck disitu, boro-boro dapat inspirasi mau berpikir tenang aja gak bisa. Kalau sudah begini, coba deh jalan-jalan ke tempat baru entah bersama teman, keluarga atau pacar(Haseeek). Karena dengan jalan-jalan pikiran akan menjadi lebih tenang, kalau sudah tenang barang tentu ide mudah menghinggapi Kita. Jangan lupa kalau sudah ketemu si ide atau inspirasinya buru-buru langsung dicatat di note atau gadget Kamu yah, karena kalau hanya diingat di kepala saja pasti sejam kemudian bakalan lupa.

Rajin mengunjungi Pinterest

A post shared by Pinterest (@pinterest) on

Dulu Saya gak pernah mengunjungi Pinterest, bahkan gak tau sebenarnya fungsi Pinterest itu buat apaan. Saya pikir Pinterest hanya sekedar situs untuk mencarimencari DIY-DIY lucu ala anak-anak remaja saja. Tapi, ternyata di Pinterest semuanya ada, berbagai macam ide tersedia didalamanya, Kita hanya tinggal ketik saja ide apa yang ingin Kita cari dan voilla semuanya akan muncul tak terbendung.

Selain itu kegitatan mencari ide di Pinterest menjadi sangat menyenangkan Karena tampilannya yang lucu dan user friendly. Akhir-akhir ini Saya sering banget mengunjungi Pinterest bahkan bisa sampe lebih dari lima kali dalam sehari. Mengunjungi Pinterest itu kayak Kita pergi ke gudang ide, ya jelas lah dari asal katanya saja 'Pin' yang diambil dari pinboard dan 'interest' yang artinya ketertarikan, jadi Pinterest adalah papan digital untuk para kreator yang ingin membahas ide atau gagasan. Sampai saat ini, sudah lebih dari 100 miliar pin gagasan atau ide di Pinterest, sehingga akan sayang sekali kalau Kita tidak menjadi bagian dari pencetus atau pengguna ide-ide tersebut.

Cari hobi baru


Setiap orang pasti punya hobi, entah itu bermain bola, membaca buku, atau bahkan memancing. Sayangnya, ketika seseorang dewasa dan sibuk bekerja banyak yang menganggap kalau menyalurkan hobi hanyalah membuang-buang waktu saja. Hal ini dikarenakan waktu yang Kita punya menjadi semakin sedikit karena kesibukan bekerja, jangankan waktu senggang untuk menyalurkan hobi waktu untuk beristirahat saja dirasa masih kurang.  Padahal, menyalurkan hobi mampu menstimulus otak Kita agar tetap berkembang, bukan hanya perkembangan terkait pekerjaan saja tetapi juga dalam pola hidup.

Menyalurkan hobi terutama hobi yang belum Kita lakukan sebelumnya juga bisa membuat Kita senang setelah otak dipakai terus-menerus bekerja. Coba deh suatu hobi baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, dijamin ide-ide kreatif akan semakin muncul dan mendominasi pola pikir Kita.

Berolahraga


Seperti kata pepatah dalam bahasa latin "mens sana in corpore sano", didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ini sih bener banget, selain memang dapat menjaga berat badan ideal dan menjaga kebugaran, berolahraga juga bisa membuat seseorang lebih bahagia, karena ketika seseorang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik akan membantu melepaskan stress dan merangsang pelepasan hormon endorphine yang akan memicu seseorang menjadi bahagia sepenjang hari. Seperti penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association yang mengungkapan bahwa biasanya saat 5 menit pertama saat melakukan olahraga adalah saat dimana mood baik akan meningkat.

Selain itu berolahraga juga bisa membuat seseorang menjadi lebih kreatif, seperti penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Sports Medicine, yang menemukan fakta unik bahwa dengan melakukan olahraga sebentar saja bisa meningkatkan kreativitas seseorang. Bagaimana ?, masih males buat berolahraga ?, sekarang sih Saya sudah mulai rajin berolahraga terutama pas weekend karena terbukti sekarang selain badan terasa lebih ringan, pikiran pun menjadi lebih fresh dan secara otomatis bisa lebih mudah dapat ide-ide baru.

Itu sih biasanya ritual yang biasa Saya lakukan untuk memanggil ide-gagagsan-inspirasi, terutama pas lagi mentok kehabisan ide buat nulis, kayak saat ini Saya rela-rela nyari ide buat tulisan ini dengan jalan-jalan dari Serang ke Rangkas Bitung dengan menggunakan kereta api, hasilnya ya Alhamdulillah bisa nulis blog di kereta dengan hanya mengeluarkan ongkos 6 ribu rupiah saja hehehe.

Setiap orang punya caranya sendiri untuk mencari ide dan inspirasi untuk berkarya. Tapi inget, jangan lupa untuk menangkap ide tersebut pas dia datang 😳😳..











  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Memang betul, ide itu dimana2 ada, tinggal kepada siapa dia datang. Jika datang, kita tidak siap, maka tidak akan balik lagi.
    Saya selalu standby, smartphone, biasa sy buat catatan2 di notes, tapi kadang notes banyak, mengolahnya ya kekurangan waktu yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, yang penting Kita siap aja carat garis besar ide nya nanti baru dikembangin, terutama ide buat nulis :)

      Delete