[Review] The Hate U Give by Angie Thomas

By Didy - 4/14/2018



"Sometimes things will go wrong but the key is keep doing right". (THUG, Halaman 421)

Diceritakan Starr seorang gadis remaja kulit hitam yang pergi ke sebuah pesta dengan saudara tirinya. Pesta dimana Khalil juga datang saat itu. Tapi, seketika pesta pun berubah menjadi sebuah kerusuhan dan tempat baku-tembak. Starr dan Khalil pun berlari menyelamatkan diri dari kerusuhan tersebut.

Dalam perjalanan pulang Mereka selepas pesta itu, mobil Starr dan Khalil tiba-tiba dicegat oleh polisi karena Khalil mengemudi terlalu kencang. Salah satu polisi menghampiri Khalil dan berkata kepadanya bahwa lampu belakang mobil tersebut mati. Khalil yang buru-buru minta surat tilang pun langsung disuruh keluar dan angkat tangan oleh polisi tersebut.

Semuanya terjadi begitu cepat, 3 peluru ditembakkan dan membuat Khalil terkapar. Starr keluar dari jok penumpang dan menghampiri temannya yang sudah bersimbah darah. Starr menurut saja ketika polisi itu memintanya untuk mengangkat tangan dan mengarahkan pistol yang sama digunakan untuk membunuh Khalil.


Akankah Starr berani untuk menyatakan kebenaran tentang kejadian pada malam itu, meski ini menimbulkan banyak konflik termasuk membahyakan nyawanya sendiri. Ataukah Star memilih diam dan selamat ?, The Hate U Give (THUG) wajib disimak sampai halaman akhir.

Fisik buku
Jujur first impression terhadap cover buku ini Saya sangat menyukainya. Covernya yang hitam begitu saja memiliki kesan dramatis. Ya walaupun, Saya belum sempat memiliki koleksi buku fisik THUG ini karena Saya menyelesaikannya di versi digitalnya setelah sebelumnya sempat membaca beberapa halaman hasil minjem teman hehe. Pemilihan judul "The Hate U Give" terasa eye catching bagi yang melihatnya di deretan rak buku di bookstore.

Sekaligus juga ear catching buat pembaca yang mendengar judulnya. Terdengar seperti ancaman dendam kesumat terselubung. Jelas bukan dendam-dendaman receh remaja tetapi lebih serius daripada itu. Bahkan berujung pada pembunuhan dan kematian. Dan memang ceritanya demikian, Aroma perseteruan antara orang kulit hitam dan kulit putih dikemas apik dan menegangkan dibuku ini.

Karakter dan tokoh
Starr seorang gadis remaja berkulit hitam yang bersekolah di sekolahan orang kulit putih menjadi karakter utama dibuku ini. Karakter Starr dibentuk sangat kuat oleh Sang Penulis Angie Thomas. Akan banyak sekali pesan yang akan pembaca dapatkan hanya dari menggali karakter Starr saja. Seperti misalnya, kala Starr malu dengan asal-usul kelurganya, rumahnya yang bertetangga dengan orang-orang kulit hitam yang berbahasa kasar, bahkan Starr malu dengan gaya orang-orang kulit hitam yang kampungan. Akan tetapi, setelah semua terjadi, Starr sadar bahwa apapun yang terjadi tidak akan merubah asal-usul nya tersebut.

Dalam THUG cukup banyak tokoh yang dihadirkan seperti Ayah, Ibu dan Kakak Starr, Pengacara, Polisi yang menembak Khalil, Khalil, Pacar kulit putihnya dan lain-lain. Tetapi tidak lantas membuat njelimet pembacanya. Dan Saya pun tidak merasa pusing sedikitpun dan bisa memetakan tokoh-tokoh tersebut dalam imajinasi Saya.

Alur dan ide cerita
Alur yang digunakan adalah alur maju. So, buat Kamu yang demen cerita beralur maju Saya rasa buku ini bakalan tepat dan nikmat Kamu baca. Dari awal sampai akhir alurnya maju terus tidak ada flash back atau tiba-tiba jump forward. Kamu hanya perlu membacanya sampai habis.

Ide cerita berupa diskriminasi dan konflik terhadap orang-orang kulit hitam dikemas secara apik dengan hadirnya Starr sebagai tokoh utama. Entah bagaimana prosesnya, Angie Thomas berhasil memunculkan begitu banyak sub-topik menarik dalam satu buku ini. Meski overall, THUG menyoroti diskriminasi dan konflik terhadap orang-orang kulit hitam sebagai topik utamanya, tidak lantas melupakan sisi entertaint dari sebuah novel. Misalnya saja, tema persahabatan, cinta, persaudaraan dan keluarga di-wrap jadi satu paket yang CIAMIK. Like, kill two birds by one stone, Bravo Angie. I salute You !!.

Rekomendasi
Tentu saja Saya merekomendasikan buku ini untuk dibaca para pembaca dewasa, eh remaja menjelang dewasa masih Ok lah walaupun mesti banyak pendampingan karena banyak aksi-aksi kekerasan disetiap plotnya. Membaca novel ini Saya rasa bakalan membuat pembaca jadi lebih kuat menjalani hidup dan stronger. Kayaknya cocok buat pembaca yang lagi galau bisa bikin fight back. 

Detail buku
Judul : The Hate U Give (THUG)
Penulis : Angie Thomas
Genre : Fiksi (Novel)
Penerbit : Walker Books
Tahun terbit : 2017
Jumlah halaman : 437 Halaman
Bahasa : Inggris
Dimensi buku (PxLxT): 13,10 X 19,70 X 3,50 CM
Harga : Versi cetak Rp. 144,000 ; Versi digital Rp. 113,697 lagi diskon jadi Rp. 77,314



  • Share:

You Might Also Like

0 comments