Bye-Bye Kantong Plastik !!

By Didy - 4/29/2018



Gak usah pake plastik Mbak, Saya bawa tas kok, kata Saya kepada Mbak kasir saat berbelanja di salah satu bookstore siang itu. Eh si Mbaknya malah bilang, GPP Mas ini gak bayar kok (sambil tertawa kecil agak nyinyir).

Apa iya sampai sesulit itu buat coba diet kantong plastik. Kayaknya kok godaannya berat banget yah buat orang yang pengen memulai mengurangi limbah plastik di bumi Kita ini. Saya menyebutnya diet kantong plastik, yaelah kayak orang yang kegemukan aja perlu diet. Yess, bumi Kita ini sudah kegemukan bahkan obesitas malah. Maka layaknya tubuh manusia, bumi Kita juga perlu yang namanya diet untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu diet yang bisa dilakukan adalah diet kantong plastik.

Mengapa plastik BERBAHAYA ?

Seperti dilansir dari situs dietkantongplastik.info, setidaknya ada empat dampak buruk yang ditimbulkan dari sampah plastik terhadap manusia dan lingkungan.

Memicu perubahan iklim
Seperti yang Kita tahu bahwa plastik dari mulai proses produksi, konsumsi hingga pembuangannya akan menghasilkan emisi karbon yang sangat tinggi sehingga berkontribusi besar terhadap perubahan iklim karena bumi Kita ini semakin memanas alias global warming.

Berbahaya bagi kehidupan manusia
Kantong plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara paling buruk dan menyebabkan gangguan pernapasan. Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai wadah pembungkus makanan juga berpotensi mengganggu kesehatan manusia dan berisiko kanker.

Terurai sangat lama
Kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sangat sulit terurai di bumi Kita ini, karena plastik memiliki rantai karbon yang panjang, sehingga akan sulit diurai oleh mikroorganisme. Seperti yang Kita ketahui, bahwa kantong plastik terurai ratusan bahkan hingga ribuan tahun.

Mencemari lingkungan
Kantong plastik yang dibuang sembarangan bisa menyebabkan tersumbatnya selokan dan badan air, termakan oleh hewan dan rusaknya ekosistem sungai dan laut.

Nah, dari dampak-dampak buruk diatas, masih mau pakai kantong plastik ?, Saya sih mencoba sebisa mungkin buat enggak pakai kantong plastik, kalau masih susah coba kurangin aja dulu penggunaannya. Saya punya empat tips untuk mengurangi dampak-dampak buruk tersebut yang Saya sebut #DietKantongPlastik, berikut tips-tipsnya;


1. Pakailah reusable bag

Penyumbang sampah plastik terbesar di bumi Kita ini salah satunya adalah dari kantong-kantong plastik yang digunakan untuk membawa barang-barang belanjaan entah itu dari supermarket, minimarket, warung kelontong atau pasar traditional. 



Dengan menggunakan wadah yang bisa digunakan berulang kali (reusable) setidaknya akan mengurangi semakin banyaknya limbah plastik. Terlebih dengan kebiasaan orang Indonesia yang cenderung menggunakan kantong plastik hanya sekali pakai, ditambah lagi pemisahan bungkus kantong plastik terhadap jenis-jenis belanjaan yang dibeli, misalnya Si Kasir atau penjaga toko akan memisahkan antara detergent/aneka toiletries dengan aneka kosmetik atau bahan makanan.

Meskipun sudah ada peraturan pemerintah mengenai penggunaan kantong plastik berbayar, Saya rasa masih berjalan kurang efektif dalam menanggulangi dampak negatif limbah plastik. Karena Kita hanya perlu membayar 200 Rupiah saja berbeda dengan negara-negara maju yang menerapkan aturan penggunaan kantong plastik berbayar yang sangat Mahal, sehingga para pembeli akan berpikir ulang untuk menggunakannya.

2. Menghindari kemasan plastik sekali pakai

Kemasan sekali pakai juga lazim digunakan di Indonesia seperti sterefoam dan sedotan, memang banyak orang yang beranggapan kalau penggunaan sterefoam dan sedotan masih bisa ditoleransi karena hanya penggunaan plastik kecil saja. Padahal coba Kamu bayangkan kalo misalnya saja sepertiga dari penduduk Indonesia menggunakannya akan betapa banyak sampah plastik di bumi ini, dan berapa ratus tahun waktu yang diperlukan untuk menguraikannya.

3. Mulailah membawa kotak makan dan botol minum sendiri

Cara ini menurut Saya juga akan efektif mengurangi dampak buruk penggunaan plastik, karena akan semakin sedikit limbah plastik pembungkus makanan dan botol air mineral. Sebisa mungkin cobalah untuk membawa bekal makanan dan minuman dengan wadah pribadi ketika hendak pergi ke sekolah atau kantor. Selain dapat mengurangi dampak buruk limbah plastik, juga bisa lebih menghemat pengeluaran.




4. Konsisten

Iyess, kalau cara-cara diatas sudah dilakukan, cara terakhir tentu saja dengan terus konsisten dengan #DietKantongPlastik. Diawal-awal pasti akan banyak orang yang tertawa geli dengan habit baru Kamu ini, dan bahkan tidak sedikit orang yang akan mencemooh Kamu sok bersih lah, sok peduli lingkungan lah dan lain-lain. Tapi, Kamu jangan gentar dan harus tetap berdiri bangga karena Kamu sudah melakukan hal yang benar dan tentu saja akan setidaknya membantu menyelamatkan bumi Kita tercinta ini dari dampak buruk sampah plastik dan global warming.

Itulah beberapa tips yang mungkin akan berguna buat Kamu yang ingin memulai atau sedang menjalani #DietKantongPlastik.

Sederhana bukan ?, tertarik untuk mencobanya, yuk bersama-bersama Kita jaga bumi Kita tercinta ini.

Salam Go Green 😃😃😃

  • Share:

You Might Also Like

0 comments