5 TEDx Talks Yang Akan Merubah Pandanganmu Tentang Travelling

By Didy - 4/08/2018

Absolutely, I'm a huge fan of TEDx Talk, rasanya sudah tidak terhitung berapa video TEDx Talk yang sudah Saya tonton baik di TEDx App, YouTube bahkan menghadiri beberapa TEDx Talk di Indonesia, terakhir Saya menghadiri TEDx Universiti Teknologi Petronas "The Moonshot" Seri Iskandar, Malaysia, 9 September 2017 lalu. Thanks a lot to My friend for the invitation hehehe.

Di TEDx, Saya merasa banyak sekali inspirasi yang bisa dipetik. Sering Saya merasa tersentil ketika menonton video-video TEDx tentang mimpi yang ingin Saya wujudkan, kehidupan ideal yang ingin Saya jalani bahkan figur pasangan yang ingin Saya dapatkan kelak haha. Tidak jarang Saya menghabiskan waktu berjam-jam di weekend untuk menonton video-video TEDx dari seluruh dunia terutama yang temanya seputar travelling, hingga lupa waktu.

TEDx dengan prinsip Ideas worth spreading nya membuat Saya full of inspiration setelah menontonnya. Banyak topik yang bisa dipilih, but for me travelling is my favourite (tetep hehehe). Dan jika Kamu Saya lagi butuh inspirasi tentang apapun termasuk travelling, TEDx Talk adalah jawabannya untuk ditonton. I think, You could spend hours watching the TEDx Talk and soaking up all the words influential people around the world, Indeed !!.

Dari beberapa TEDx Talk dengan tema travelling Saya punya 5 favorit video yang Sering Saya tonton berulang-ulang dan I'm pretty sure these 5 are essential to watch baik untuk traveller atau untuk Kamu yang butuh inspirasi seputar travelling.

1. Where's Home ?, with Pico Iyer


Where do you come from ?, It's such a simple question. Travel writter dan Author Pico Iyer membuka TEDx Talk nya dengan pertanyaan tersebut. Seolah melecut ambient di ruangan tersebut, bahkan Saya yang menontonnya di YouTube bisa merasakannya. Yeah, berapa banyak dari Kita yang tahu exactly where We come from ?, Sebagai traveller Pico merasa menemukan arti sebuah rumah disebuah tempat yang asing baginya, atau bahkan ketika terlalu lama jauh meninggalkan rumah Dirinya merasa tidak bisa merasakan arti sebuah rumah Sama sekali.

2. Jimmy Nelson on Photographing Vanishing Tribes


Tidak diragukan lagi karya-karya Jimmy Nelson dalam dunia photography begitu hidup dan keren, Saya salah satu penggemar karya-karyanya. Di TEDx Talk nya ini, Jimmy menjelaskan dengan menggebu-gebu tentang pengalaman photography travellingnya, salah satu yang menarik adalah ketika Jimmy travelling ke Siberia untuk memotret Chukchi People. Ada satu pengalamannya yang unik disini, dimana salah seorang dari tetuah suku ini tidak memperbolehkannya memotret mereka begitu saja, You can't photograph us, You have to wait untill You get to know us (tutur Sang tetuah suku). Wow, Saya begitu menikmati penuturan pengalamannya, it's such an astonishing portraits of the world's vanishing tribe and culture !, I damn love dengan cara Jimmy memaparkan kisahnya.

3. Travelling with No Money, by Eduard Jacqmin


Munkinkah Kita travelling tanpa uang ?, Pernah gak kepikiran soal ini ?, Well, menurut hemat Saya rasa-rasanya agak susah sih bahkan cenderung gak mungkin. Tapi Eduard telah membuktikannya dengan travelling selama 21 hari dari Hungary ke Jerman dengan absolutely no money.

Saya suka dengan gayanya yang santai, dalam video TEDx Talknya sepertinya banyak sekali tips dan inspirasi yang bisa Kita Saya petik dari kisahnya. Misalnya saja, untuk mengatasi permasalahan tempat tinggal dan akomodasi selama travelling Eduard mengandalkan Hitchhiking dan menyapa orang-orang secara random yang ditemuinya di jalan. "Hello, can I sleep at your place tonight ?, SAVAGE hahha, Saya gak bisa membayangkan hal ini. Tapi percaya atau tidak Saya pernah mencobanya beberapa kali ketika travelling loh dan It works hehehe.

4. Living the Nomadic Dream with Kitra Cahana


Photojournalist Kitra Cahana menceritakan pengalamannya dalam menjalani nomadic dream alias tinggal berpindah-pindah tidak selayaknya warga Amerika lain dengan American Dreamnya.

Kitra ingin membuktikan nomadic dream, hidup bebas dijalanan, ingin mengetahui betapa kerasnya hidup sebagai nomadic dengan mengikuti modern nomads dan ikut menjalani kehidupan layakanya Mereka. Tinggal di mobil box, tempat parkir, tidur di toilet umum, dan masih banyak lagi pengalaman uniknya.

5. Why You Must Travel Alone at Least Once in Your Life with Chintan Ruparel


Chintan menjelaskan pemikirannya kenapa setiap orang harus travelling sendirian at least sekali seumur hidup. Bagaimana travelling solo akan mengubah persepsi setiap orang tentang arti sebuah kehidupan, Chintan juga memaparkan pengalamannya tentang bagaimana mengatasi masalah-masalah yang muncul ketika ber-travelling solo.

Saya memang sangat mengagumi orang-orang yang melakukan solo travelling keliling dunia, karena menurut Saya itu sangat keren dan bahkan menjadi impian Saya sejak lama sekali. Menonton pemaparan Chintan di TEDx Talknya ini membangunkan jiwa traveller Saya untuk terus ber-travelling sendirian bukan sekali seumur hidup tapi kalo bisa seumur hidup yang bisa Saya jalani.

Nah itulah 5 TEDx Talk yang bisa memberi inspirasi seputar travelling dan tentu saja akan membangkitkan hasrat ber-travelling Kamu semua.

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. wah saya jadi penasaran ingin menonton TEDx Talk nih mas untuk mencari inspirasi

    ReplyDelete
  2. Hayooooo tontonlah Mas banyak topiknya kok, yg Bahasa Indonesia Sama Bahasa inggris juga banyak. Tema teknologi juga bagus2 hehhe

    ReplyDelete
  3. Udah lama nggak nonton TEDx Talk.
    Nice share, Mas. Aku coba tonton ah, sepertinya menarik nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Andi, menarik2 hehe Dan inspiratif. Kalo mau tema lain sih search Aja Di YouTube Mas hehe. Makasih udah mampir ke Blogku Mas :)

      Delete