Apa itu Cantik ? Apa itu Tampan ?

By Didy - 3/07/2018


Disetiap pagi hari setiap bangun tidur, pernahkah Kamu bercermin dan bertanya.

Apakah Saya cantik ?

Apakah Saya Tampan ?

Saya sih iya, setiap hari malah heheh. Karena entah kenapa setiap bangun tidur Saya selalu senang bercermin dan meperhatikan secara detail setiap lekukan ketampanan wajah yang sudah Gusti Allah ciptakan buat Saya. Dan enatah kenapa juga Saya berasa selalu Tampan luar biasa ketika memperhatikan secara detail jarak antara mata satu dengan yang lainnya, tinggi hidung yang mancung, bentuk dagu yang sempurna ditambah lebar jidat yang aduhai. Ibaratnya kayak versi KW supernya Nicholas Saputra gituh CKCKCK~ ( udah ah takut pada muntah).

Definisi cantik dan tampan
Kecantikan dan ketampanan memang menjadi standar kualitas yang diimpikan oleh setiap orang dari masa ke masa sejak dahulu kala. Lantas, apasih definisi kecantikan dan ketampanan yang sebenarnya ?. Terus, apakah selama ini Kamu sudah merasa cantik atau tampan, Sayangque ?.

Sempat Saya melakukan survey kepada teman-teman Saya tentang definisi cantik dan tampan yang HQQ menurut mereka, namun jawaban yang tidak memuaskan pun syelalu Saya dapati. Kebanyakan dari mereka menjawab kalau kecantikan atau ketampanan itu sebuah hal yang "RELATIF". Tapi masa iyasih, relatif alias gak mutlak. Namun kenapa ketika Saya sodorkan  sebutkan nama Dian Sastro lantas Kita semua mafhum dan meng-amini kalaulah beliau itu cantik dan sedikit sekali orang yang menyangsikan. Lantas, dengan kata lain apakah cantik atau tampan itu "RELATIF" masih berlaku ?, lantas apa definisi tampan atau cantik itu secara harfiah ?, dan bisakah Kita mengukurnya ?.

Standar Matematikawan

Nah Sayangque, berdasarkan rasa ketidakpuasan Saya terhadap jawaban-jawaban yang dilontarkan oleh teman-teman yang Saya survey.  Akhirnya terbawalah Saya kepada artkel ini. Dan setelah Saya baca, ternyata Para Matematikawan dunia punya kriteria sendiri dalam menentukan apasih definisi cantik atau tampan secara Matematika. Para Matematikawan meyakini kalaulah Kita semua cenderung tertarik dengan seseorang yang memiliki muka simetris. Pengukuran ke-simetrisan ini dilakukan dengan pendekatan "Golden Ratio".

Dimana dalam Golden Ratio ini terdapat sebuah perbandingan ideal antara panjang hidung, posisi mata, panjang dagu, lebar jidat de el el. Dan perbandingan ideal ini didasarkan pada "Deret Fibonacci".
Loh ya, Deret Fibonacci iku yo opo meneh tho ?.

Jadi begini Sayangque, Deret Fibonacci adalah sebuah deret angka yang dimulai dari angka 0 dan 1 kemudian untuk memperoleh angka selanjutnya Kita cukup menambahkan angka sebelumnya, seperti ini; 0,1,1,2,3,5,8,13... de es te. Dan kalau Kita mengambil angka dari Deret Fibonacci dan membagi dengan angka sebelumnya Kita akan memperoleh rasio 1,618 (dengan pendekatan dan limit). Wkwkwkkwk, malah tambah njelimet tho~.

Contoh Golden Ratio di Alam

Yaudah intinya sih pas udah ketemu angka 1, 618 (misalnya 13/8) ini yang dijadikan Golden Ratio oleh para Matematikawan. Golden Ratio ini sebenarnya banyak Kita temukan Di Alam, arsitektur dan seni. Tak ayal, Para Matematikawan pun memberlakukan Golden Ratio ini untuk mencari muka seperti apasih yang mendekati dengan Golden Ratio.


Sumber Gambar www.beautyanalysis.com/

Para Matematikawan telah membuat sebuah model topeng Golden Ratio, oke misalnya Saya coba ambil contoh wajah Jessica Simpson, apakah do'i cantik ketika dicocokan dengan topeng Golden Ratio ini. Dan ternyata hasilnya, wajah Jessica Simpson memiliki kecocokan yang tinggi dengan Deret Fibonacci, jadi Jessica Simpson adalah CANTIK secara Matematika.


Kecocokan Wajah Jessica Simpson

Tapi pertanyaannya, apakah Saya dan Kamu termasuk dalam kategori cantik atau tampan secara Matematika atau tidak. Dan berikut ada website bahkan ada versi app nya yang bisa didownload di app store atau playstore tentang konsep topeng Golden Ratio ini, bisa Coba disini.
Saya sudah mencobanya, dan hasilnya tadaaaa...


Cuma 64% WQWQWQ, tapi lumayanlah ya good looking hehheh, kalian bisa langsung mencobanya Sayangque dan siapkan kalau bisa semacam foto close up kayak buat ditempel di Buku Nikah gituh, Eh~

Bagaiamana ?, Sudah dicoba ?

Tapi untuk penilaian akhir perihal kecantikan dan ketampanan ini Saya tetap kembalikan lagi ke antum sekalian, karena pada akhirnya kecantikan atau ketampanan seseorang itu tergantung pada siapa yang memandangnya.

Lantas, bagaiamana pendapat Sayangque tentang kecantikan atau ketampanan ini ?,  (mangga langsung Komen aja ya)


  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Hehehe ...
    Menarik juga nih itungan standar matematikawan tentang standar ketampanan/kecantikan wajah ☺

    Kira-kira nilai standar versi golden ratio 😁 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setidaknya Kita tahu kalo kecantikan atau ketampanan itu mutlak Dan terukur tidak relatif seperti pendapat orang selama ini hahahh

      Delete