Perenungan Kenapa Harga 7 Hape Xiaomi Setara Harga 1 iPhone

By Didy - 2/17/2018


Ditengah kegalauan pengen ganti Hape, Saya googling sana-sini, baca review spek sana-sini, lihat video YouTube sana-sini dan compare harga antara e-commerce satu dengan yang lain. Akhirnya, Saya memutuskan untuk tidak jadi membeli hape baru hehehe.

Padahal teman Saya dengan semangat 45 menyarankan dengan massive-nya untuk membeli merek Xiaomi. Katanya, selain spek dewa kelebihan utama hape ini adalah harganya yang terbilang murah tapi tidak MURAHAN.

Tapi Nu (sebut saja begitu) hape Xiaomi kan C.I.N.A. Doi langsung menyalak menatap Saya, eh kok elu jadi rasis sih. Gue kan juga Cina, emangnya kenapa sama produk Cina ?, kok elu sentimentil banget ya ?, emang lu pikir Oppo kesayangan elu itu bukan Cina ?. Gue kan cuma berargumen Nu, santai aja dongs (kebawa arus). Abisnya elu bikin kesel bawa-bawa Cina. Iya deh iya, sorry gue salah (mengalah daripada panjang cerita).

A post shared by Pinkush (@tjpinkush) on

Perenungan tentang perbedaan harga sebuah gawai pintar kadang membuat bulu kuduk Saya merinding. Disatu sisi, ada hape yang harganya menjulang tinggi dan disisi lain ada juga hape yang harganya super terjangkau. Sedangkan, kalau Kita berbicara soal spek Saya rasa tidak beda jauh.


Misalnya saja harga 7 hape Xiaomi yang setara 1 harga iPhone saja. Bayangin loh pemirsa, ini kan emezing. Ya memang sih nama Xiaomi di dunia perhapean terkenal dengan harganya yang murah meriah, sehingga, tidak butuh waktu lama untuk gawai pintar ini merebut hati penggemar smartphone tanah air.

Berkebalikan dengan Xiaomi, merek lainnya, iPhone, justru terkenal akan gengsi dan kemahalannya di kalangan konsumen dengan harganya yang Masyallah membuat pembelinya kudu jual ginjal dulu.

Persaingan harga murah dan Mahal dipasaran ini, tentu membuat publik bertanya-tanya. Ada apa gerangan, kenapa harga Xiaomi murah sementara harga iPhone mahal ?, apakah karena Xiaomi adalah hape Cina dan iPhone adalah hape Amerika ?.

Balik lagi ke-perdebatan Saya dan teman Saya yang lalu. Katanya, pertama-tama mesti Kita pahami bersama kalau lah antara iPhone dan Xiaomi kedua-duanya dirakit di Cina.


Whaaaaaat ???

Iyess, kalian gak salah dengar  baca. Bahkan iPhone punya banyak pabrik perakitan di Cina dan dirancang di Amerika, berbeda dengan Xiaomi yang secara terang-terangan dirancang dan dirakit di Cina bahkan ada pabrik perakitannya di Batam, Indonesia.

Lantas kenapa Xiaomi murah sedangkan iPhone mahal ?

Jawabannya adalah: mindset Kita.

A post shared by Steve Jobs (@steve._jobs) on

Karena sedari awal Kita tahu kalaulah iPhone adalah produk Amerika sehingga Kita menjadi mafhum kalaulah iPhone mahal, lain cerita kalau iPhone muncul original dari Cina, mana mau Kita jor-joran bayar dengan harga segitu untuk sebuah hape. Sedangkan, Xiaomi memang dari awal muncul original dari Cina, sehingga untuk mindset orang Indonesia pasti berpikir kalau lah barang-barang yang berasal dari Cina itu murah dan cepet rusak, padahal kan belum tentu juga.

Untuk hardware iPhone sendiri menggunakan chipset premium yang akan membuatnya bekerja menakjubkan meskipun spek terendah, tetapi Xiaomi pun tidak kalah dengan bekerja sama dengan chipset terkemuka Qualcomm yang tidak bisa Kita anggap remeh performanya.

Alasan lain yang membuat Xiaomi murah juga terletak pada media promosi dan iklan. Xiaomi tidak menggunakan iklan wah atau media promosi lain untuk memperkenalkan produknya. Berbeda dengan iPhone yang sedari awal menggunakan iklan super mewah dan crunchy. Atau bahkan saudara-saudara Xiaomi, Oppo misalnya yang menggandeng mbak-mbak Pulau (Chelsea Island) sebagai dutanya atau Vivo yang tidak tanggung-tanggung menggaet Agnez Mo.

A post shared by Donovan Sung (@donovansung) on


"Kami tak akan menghambur-hamburkan uang untuk itu. Itu bukan gaya kami". Ungkap Donovan Sung, Director of Management and Marketing Xiaomi Global

Pada akhirnya perenungan tentang perbedaan harga gawai pintar ini Saya kembalikan ke kondisi keuangan masing-masing. Karena kalau pemirsa yang budiman punya banyak duit ya sah-sah saja beli hape seharga 20 juta tho.



  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Bagus artikelnya ��
    Selain budget.. tujuan penggunaan juga om,
    Saya penggemar sekaligus pengguna iphone.. hp ini sangat membatu daily driver saya..
    Nyaman aja di pakek..
    Harga enggak bakalan bohong deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, pasti ada harga ada kualitas hehhe. Saya juga pengagum iPhone kok tapi belinya Oppo 😹.

      Delete