STOP Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

By Didy - 1/07/2018


Pernahkah kamu melihat kehidupan orang lain disekitarmu terlihat begitu sempurna ?.

Dan berkata "Man, I wish that was me".
You know, you do !
Everybody does !!.

Merasa kalau kehidupan kita tidak sempurna, tidak menyenangkan bahkan menyedihkan. Berbeda dengan orang-orang disekitar kamu yang terlihat bahagia dengan apa yang dimilikinya. Setiap orang didunia ini selalu compare kehidupannya dengan orang lain bahkan dalam hal kecil.

Dulu saya pun demikian, selalu berandai-andai menjadi orang lain terutama terhadap teman-teman yang beasal dari keluarga berkecukupan. Tetapi itu semua tidak membuat saya bahagia, malahan membuat saya berusaha untuk menjadi orang lain.

Dewasa ini, orang selalu menjadikan kesuksesan seseorang sebagai suatu indikasi kebahagiaan. Padahal kita tidak tahu seperti apa orang yang kita jadikan pembanding tersebut dibelakangnya dan seperti apa perjuangannya untuk mencapai semua itu.

Kemaren sore ketika pulang dari toko buku saya bertemu dengan teman lama secara tidak sengaja, dia terlihat begitu sedih dan terlihat sedikit depresi. Kemudian saya bertanya, kenapa kok kelihatan tidak bergairah sekali?. Dia menjawab sekarang rasanya saya sudah gagal dalam karir dan sedikit sekali pengahasilan yang saya punya.

Well, saya begitu terkejut mendengar ceritanya. Pasalnya sebulan yang lalu saya bertemu dengannya dan dia terlihat begitu bersemangat menceritakan tentang kehidupan pribadinya, katanya dia baru saja naik level dari pekerjaannya dengan kenaikan gaji yang cukup tinggi selain itu juga dia mendapatkan penghargaan sebagai best employee di perusahaan tempat dia bekerja sekarang.

What had change ? Turns out, ternyata dia membaca banyak postingan-postingan temannya di Instagram. Salah satu temannya baru saja dipromosikan menjadi menejer, temannya yang lain memposting foto-foto bisnis trip yang pertamanya ke Eropa, satu lagi temannya yang baru saja membeli mobil mahal terbaru bahkan dua orang dari sahabatnya ada yang memposting foto-foto pernikahannya yang terlihat begitu bahagia.

"I feel like such a loser", keluhnya pada saya.
Entahlah saya bingung harus memberi saran seperti apa, yang saya lakukan pada saat itu hanyalah mendengarkan keluh-kesahnya. Yap, mungkin dia hanya butuh didengar saja, ketika dirumah saya sempat introspeksi diri. Hemh, aslinya saya pernah dalam kondisi yang sama dengannya. Merasa diri loser jika melihat teman-teman seangkatan yang sudah begitu sukses baik dalam karir ataupun kehidupan asmaranya.

Tetapi itu malah membuat saya semakin terpuruk dan tidak punya gairah untuk mengahadapi hari esok. Tetiba saya menemukan video Tom Shillue di YouTube secara tidak sengaja, dia adalah seorang stand up komedian asal Amerika dan dalam video tersebut dia menjelaskan untuk selalu bahagia dan stop comparing yourself to others.

"COMPARING YOURSELF TO OTHERS CREATES A TOTALLY UNREALISTIC MEASURE FOR WHAT CONSTITUTES SUCCESS"

Daripada sibuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain lebih baik comparing yourself to yourself, fokus perbaiki kualitas dirimu jangan terlalu sering dengar omongan orang yang berusaha membanding-bandingkan kamu dengan yang lain dan tetaplah menjadi diri sendiri dan berbahagialah terhadap apa yang kamu miliki sekarang. 

"Everyone is a package deal, you can't view one element of someone else's life in ISOLATION"

That's cheating !!
Setiap orang sudah punya rezekinya masing-masing, punya pain dan bahagianya masing-masing in their lives, so keep going dan selalu bersyukur dengan apa yang kamu miliki sekarang jangan tunggu hari esok.
Sekarang saya tidak pernah membandingkan apa yang saya punya dengan orang lain justru comparing with myself and now I'm doing okay.
You should try

Cheers !!






  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Foto-foto di Instagram emang bikin kita ngerasa kaya gitu, masih belajar buat bersyukur meskipun susah banget kadang ada aja yang bikin kita pengen bandingin hidup kita sama orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instagram pusatnya ke-irian wkwkkw. Better gak usah pake instagram deh ya, menghindari hahahha. Kuncinya ya tetep bersyukur sama yg Kita punya dan gak banding2in kepunyaan Kita dengan orang lain heheheh. Saya juga Masih belajar bersyukur Mbak :)

      Delete