How Bill Gates Reads Books

By Didy - 1/07/2018

Sumber Gambar http://lifestyle.kompas.com/

Siapa yang tidak mengenal sosok Bill Gates ?
Pasti kamu semua mengenal sosok hebat dunia pendiri perusahaan raksaksa software Microsoft ini.
Bill Gates juga masuk kedalam daftar orang-orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Siapa sangka, kalau orang terkaya dunia ini adalah seorang kutu buku, bahkan Gates mampu membaca 50 buku nonfiksi dalam setahun.

Bagaimana dengan kamu ?
Berapa banyak buku yang mampu kamu baca dalam setahun ?

Hello from Tanzania, Instagram! I just had a great lunch with some amazing kids at Kicheba Primary School in Muheza and met Upendo Mwingira, a remarkable physician who has dedicated her career to fighting neglected tropical diseases. Melinda and I have been coming to Tanzania for many years now. I always love seeing how much progress the country has made to improve health and provide opportunity. Plus, the scenery is stunning. Whenever I travel to places like this, I wish others could come along and meet the people I get to meet. I have no doubt it would leave them as optimistic as I am about progress happening around the world. I’ll be sharing photos from my adventures here on Instagram, and I hope you’ll follow along.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bill Gates (@thisisbillgates) pada


Membaca merupakan suatu aktivitas untuk mengenal, menganalisa, serta menginterpretasikan pesan tertulis melalui media tulisan. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari membaca selain menambah pengetahuan kita tentunya, manfaat lain dari membaca dari sisi kesehatan diantaranya seperti; menstimulasi mental, mengurangi stress, meningkatkan kualitas memori, melatih otak untuk berfikir dan menganalisa secara kritis serta mampu mengurangi resiko penyakit Alzheimer.

Tetapi masih banyak dari kita yang tidak senang terhadap budaya membaca meskipun banyak manfaat dari membaca seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Banyak dari kita yang merasa mudah bosan ketika membaca sebuah buku bahkan lebih memilih untuk asyik bermain dengan gadget yang kita miliki.

Dibandingkan dengan negara-negara lain, budaya membaca di Indonesia sangatlah jauh tertinggal. Padahal banyak orang-orang hebat dunia selalu memnyempatkan untuk membaca setiap hari bahkan menganggapnya sebagai suatu kebutuhan, Bill Gates misalnya.

"I don't let myself start a book that I'm not gonna finish it"

Menyambung kutipan kata-kata Gates tersebut, bahwasannya dia tidak akan mulai untuk membaca suatu buku tanpa berjanji untuk menyelesaikannya. Saya sendiri masih tergolong orang yang malas dalam hal membaca, dalam sebulan mungkin hanya mampu membaca satu buku saja itupun dengan jumlah halaman yang sangat ringan dan tema yang ringan pula.

Nah untuk memotivasi kamu dan saya juga dalam membaca, berikut saya rangkumkan bagaimana kebiasaan Bill Gates dalam membaca.

1. Take notes in the margin
Dalam membaca sebuah buku Bill Gates selalu berkonsentrasi penuh terhadap apa yang dia baca. Bill Gates juga selalu membuat catatan-catatan kecil ketika dia sedang membaca sebuah buku, menurutnya dia lebih sering tidak setuju terhadap apa yang tercantum dalam sebuah buku yang dia baca. Menuliskan notes terhadap hal-hal yang menarik, memancing rasa ingin tahu, ataupun yang tidak disetujui dari suatu buku membuatnya makin ingin mencari dari sumber-sumber lain dan otomatis membuatnya ingin membaca lagi dan lagi.

2. Don't start what you can finish
Prinsip ini juga mungkin bisa kamu pakai ketika hendak membaca suatu buku, dengan berjanji untuk menyelesaikan membaca sebuah buku akan membuatmu memiliki prinsp, sehingga pada akhirnya kamu akan mampu membaca sebuah buku sampai selesai. Menurutnya buku layaknya sebuah film yang akan membuat kamu penasaran ketika tidak membacanya sampai selesai karena tidak akan tahu ending dari buku tersebut.

3. Paper books>ebook
Pengalaman antara membaca buku dalam bentuk real book/kertas berbeda dengan membaca sebuah ebook, meskipun di zaman sekarang sudah banyak ebook tetapi Gates tetap setia memilih untuk memperbanyak buku dalam bentuk kertas. Karena menurutnya otak manusia akan lebih mudah untuk mengingat tulisan-tulisan yang tercantum dalam sebuah kertas dibandingkan dengan digital.

4. Block out an hour
Bill Gates selalu menyediakan waktu at least satu jam setiap hari untuk membaca sebuah buku, hal ini akan melatih otak kita untuk menjadikan membaca sebagai rutinitas sehingga lama-kelamaan akan menjadikannya suatu kebiasaan sehingga ketika sudah menjadi kebiasaan dan berakar kuat akan sangat sulit untuk kita meninggalkannya. 

Keempat prinsip yang biasa dilakukan oleh Bill Gates tersebut mungkin bisa kamu jadikan untuk pedoman budaya membaca kamu, sehingga menjadikan budaya membaca sebagai kebutuhan. Sehingga semakin bertambah pengetahuan kamu, dan bukan hal yang tidak mungkin jika dimasa depan kamu akan sukses layaknya Bill Gates.

Cheers !!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments