Produktivitas kerja menurun ?, Inilah 5 alasan kenapa kamu harus cuti

By Didy - 12/16/2017


Manusia dewasa biasanya bekerja normalnya bisa tujuh sampai delapan jam sehari, tidak jarang bahkan banyak diantara kita yang bekerja diatas delapan jam dalam sehari entah karena tuntutan deadline yang harus segera diselesaikan atau keharusan tugas ke luar kota. Tetapi ingat tubuhmu juga punya jatah untuk beristirahat, jangan sampai kita terlalu semangat bekerja tetapi lupa dengan kondisi kesehatan kita. Bekerja memang penting demi mendapatkan materi sebagai sumber penghasilan kita tetapi kondisi fisikmu lebih penting dan pastinya perusahaan tempat kamu bekerja juga menerapkan sistem cuti tahunan untuk karyawannya bukan ?.

Banyak dari kita ketakutan bahkan panas dingin ketika hendak mengutarakan izin cuti kepada atasan kita, padahal ini sebenarnya sudah menjadi hak kita. Alasannya bervariasi, takut dianggap malas sama atasan lah, enggak enak sama teman kantor karena akan menambah beban pekerjaan mereka atau malas ditanya-tanya sama bos ketika hendak mengutarakan izin cuti. Padahal ada saatnya kita harus benar-benar memiliki quality time bersama keluarga, orang-orang yang kita sayangi atau bahkan quality time dengan diri sendiri. Selain itu masih banyak lagi hal-hal yang bisa menjadi alasan kenapa kamu harus ambil cuti, berikut 5 alasan kenapa kita wajib ambil cuti

1. Cuti adalah hak anda dan gunakan sebaik mungkin 
Hidupmu bukan hanya untuk bekerja karena otakmu juga butuh refreshing, bayangkan dari 24 jam waktu yang kita miliki dalam sehari kita menggunakannya hampir sepertiganya untuk bekerja itupun kalau kamu pulang ontime, belum lagi ketika kamu punya banyak deadline pekerjaan yang harus segera diselesaikan yang menuntut kamu bekerja lembur. Bahkan tidak jarang ketika sudah sampai dirumah pun smartphone mu masih berbunyi dan itupun notifikasi Whatsapp atau email dari kantor tentang pekerjaan yang mau tidak mau kamu harus memikirkan itu, ini artinya kamu tidak akan pernah terbebas dari pekerjaan kantormu. Jadi ambil cuti sehari atau dua hari adalah pilihan yang tepat, karena kamu juga punya kehidupan bukan melulu harus mikirin kerjaan kantor yang menumpuk. Percaya deh, setelah ambil cuti pasti kamu akan memiliki semangat baru untuk kembali bekerja dan otak yang lebih segar, otomatis juga akan meningkatkan produktivitas kinerjamu.

2. Kamu bisa lebih bersosialisasi
Jangan sampai waktumu habis seharian karena bekerja dikantor membuatmu jauh dengan orang-orang yang kamu sayangi. Ini fakta, banyak dari kita dewasa ini yang lebih mementingkan pekerjaan dan menomor sekiankan orang-orang yang kita sayangi. Padahal kamu juga butuh loh berkeluh-kesah, curhat atau hanya sekedar mengobrol santai dengan orang-orang yang kamu sayangi. Atau bahkan kita bisa lebih bersosialisasi dengan orang-orang yang jarang kamu temui ketika cuti.

3. Recharge semangat dan fokus kembali
Mengambil cuti barang sehari atau dua hari juga penting untuk kembali mengisi ulang semangat dan fokus kita, layaknya baterai smartphone kamu. Semangat dan fokusmu juga harus kembali di isi ulang guna meningkatkan kinerja kita karena ketika otak kamu sudah merasa sangat jenuh dengan pekerjaan yang kamu kerjakan sekuat apapun usahamu untuk fokus terhadap pekerjaanmu akan sia-sia.

4. Kesehatanmu lebih penting dari segalanya

Dari semua alasan diatas alasan inilah yang sangat penting, karena ketika kondisi fisikmu mulai melemah karena terlalu banyak bekerja dan kelelahan atau level setresmu yang meningkat tajam karena diakibatkan beban pekerjaan yang menumpuk mengambil cuti adalah menjadi suatu keharusan. Lagipula tubuh dan otakmu juga bukan mesin yang mampu bekerja terus-menerus, otak dan tubuh juga punya jatahnya untuk beristirahat. Kalian bisa membayangkan untuk apa uang yang selama ini telah dikumpulkan melalui bekerja yang begitu ekstra tetapi kondisi fisik dan psikismu sakit ?. 
Jadi semestinya alasan ini sangat layak untuk dijadikan sebagai alasan untuk kamu mengajukan cuti.

5. Banyak tempat eksotis menunggu kamu kunjungi

Yup, banyak tempat indah dan eksotis yang menunggu kamu kunjungi. Indonesia itu luas dunia juga luas banget, jadi tidak ada salahnya kalau kita mengagendakan cuti kita untuk sekedar beberapa hari travelling demi melepaskan kepenatan selama kamu bekerja. Bali ?, Lombok ?, Jepang ?, Korea Utara ?. Pernahkah anda mengunjunginya, jika jawabannya belum. Ya inilah salah satu alasannya kenapa kamu harus ambil cuti.




  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. ketika hape rajin di charge dan kesehatan sendiri lupa di charge, disitu saya sedih -_- terimakasih sharingnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwkwkk, iya yah mbak kita lebih peduli sama smartphone kita ketimbang kesehatan kita -_- .Anyway, makasih sudah berkunjung mbak :)

      Delete
  2. Coba ada cuti juga jadi ibu rumah tangga dan cuti mengerjakan semua pekerjaan rumah. Sayangnya ga ada cuti buat ibu ya wkwkwk. Tetapi allhamdulillah di sana letak ladang pahalanya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yah mbak hahah. Padahal pekerjaan rumah tangga itu berat banget hahah Dan melelahkan. Atau minta uang jatah lembur Aja mbak sama suaminya hahaha

      Delete