Cara Gampang Lancar Berbahasa Inggris

By Didy - 12/12/2017


Gimana sih caranya biar cepet bisa ngomong bahasa inggris ?
Elu kok bisa cas cis cus ngomong bahasa inggris ?
Gue sih ngarti kalo ada orang ngomong bahasa inggris, tapi kok bales nya susah banget ya ?

Itu mungkin beberapa pertanyaan yang sering gue dapet dari temen-temen tentang bagaimana caranya biar bisa cepet ngomong bahasa inggris. But, honestly guys gue juga masih banget perlu belajar buat ngomong bahasa inggris dengan lancar dan bagus dalam hal grammar heheh. Gue pribadi merasa kalo my english is so poor, tapi gue selalu try my best dengan seluruh jiwa dan raga gue buat praktekin semua vocabulary, simple sentence, phrasal verb dll supaya terdengar lebih luwes kaya penutur aslinya.

Banyak dari temen gue yang mengeluhkan kalo bahasa inggris itu susah meskipun udah kursus bertahun-tahun, ngapalin vocab tiap hari, listening tiap hari tapi hasilnya masih tetep nihil. sebenarnya ini juga terjadi sama gue of course gue bukan orang amrik atau orang inggris yang bahasa sehari-harinya adalah bahasa inggris. Tapi dari semua problem dan rintangan yang gue hadapi dalam belajar  bahasa inggris tersebut gak pernah memblock langkah gue buat berhenti belajar bahasa inggris. 

Beberapa dari tempat kursus banyak menawarkan iklan cara cepat bisa bahasa inggris juga banyak buku-buku yang membahas tips dan trik buat lancar ngomong bahasa inggris. 

Belakangan gue lagi demen banget nontonin video-video nya SkinnyFabs tentang cara dia belajar British accent, doi mendadak viral gara-gara video singkat nya yang diunggah di Youtube menirukan gaya berbicara narator dalam ujian listening bahasa inggris yang menurut gue keren dan mirip banget. Gue jadi makin semangat buat belajar bahasa inggris dan ngomong bahasa inggris as fluent as I can.

Mungkin gue punya sedikit tips yang bisa kalian coba untuk belajar bahasa inggris yang biasa gue lakuin.

1. Talk to yourself
I know, ini kedengarannya aneh ngomong sama diri sendiri kaya orang gila. But honestly guys, cara ini membiasalkan kalian buat ngomong bahasa inggris sebelum mempraktekannya dengan orang lain dan it works buat ngelancarin oral kita. So yeah, I did talk to my self heheh, dulu suka banget ngomong sendiri pake bahasa inggris dan sampe sekarang sih. Biasanya gue bikin conversation yang sebenarnya gue ajukan pertanyaan dan gue jawab sendiri, misal nya saja pas gue mau sarapan. Lemme think, what I wanna eat for my breakfast today ?, ehm I think, I wanna eat salad, oh no fried rice is tastier ( Crazy level akut wkwk). tapi jujur guys, it works buat gue, karena basically kita udah terbiasa ngomong pake bahasa indonesia dan pastinya bakalan susah buat ngubah pola itu.

2. Be prepared to embarras yourself
Yap bersiaplah buat mempermalukan diri kita sendiri, obviously kita bakalan banyak melakukan kesalahan ketika belajar bahasa inggris yah namanya juga newbie jadi ya harus siap punya muka tebel dan gak tau malu. Jadi jangan gengsi kalo dibenerin orang, jangan kesel kalo ada yang ngoreksi bahasa inggris kita dan juga jangan sakit hati kalo ada yang ngetawain. Karena tentu aja kalo buat mereka yang ngerti kesalahan kita mungkin terdengar lucu buat mereka, sama kaya kita kalo denger bule belajar bahasa indonesia dengan penuh effort dan berusaha buat mempraktekannya. Dan kita sebagai orang indonesia yang mendengarnya akan terdengar lucu bukan ?, So, it's the same. Gue sering banget ngalamin hal ini, pernah gue ngomong sama temen bule gue ngucapin kata beach(pantai) malah terdengar bitch (sensor hehe) tetapi si temen gue ini malah langsung ketawa terbahak-bahak, tapi setelah kejadian itu gue jadi belajar kalo between beach and bitch adalah dua hal yang sangat berbeda heheh.

3. Imitate
Meniru, menurut gue adalah salah satu cara esensial buat cepet bisa ngomong bahasa inggris. sering-seringlah dengerin percakapan dalam bahasa inggris entah itu kalian nonton film atau bahkan Youtube, tirukan dan ucapkan keras-keras persis seperti yang mereka katakan dari kata-katanya, grammarnya, bahkan juga mimik yang ngomong kayak gimana dan believe or not lama-lama otak kita bakalan ngerekam ini semua dan bakalan mudah dan keluar dengan sendirinya ketika kita mau mengucapkannya disuatu hari. Misalnya kalian sering denger orang bule bilang how is it going ?, terus kietika ada temen yang bilang how going ?, ketika bakalan langsung reflex kayaknya ada yang kurang deh. Nah ini menurut gue yang oke dari the power of imitate.

4. Intensity VS Length
Inilah alasannya sebenarnya gue gak pernah rekomendasikan buat less bahasa inggris kalo cuma belajar 2 kali dalam seminggu meskipun dalam waktu yang lama karena guys it's useless, that's not gonna work, dibandingkan kalian belajar intense setiap hari dirumah seperti dengerin lagu-lagu bahasa inggris, nonton film bahasa inggris, dan bahkan ngomong sama orang-orang yang berbahasa inggris .

5. Learn the closet vocabulary to you
Belajar atau menghapal kata-kata dalam bahasa inggris itu banyak sekali dan pasti bakalan sangat melelahkan kalo kita cuma ngapalin tapi kita gak tau fungsi dan kapan kan digunakannnya. Jadi start from now, belajar lah mungkin bisa 100 kata yang sangat berhubungan deengan kalian. Misalnya kalian suka masak ya hapalin kata-kata yang berhubungan dengan cara memasak atau masakan, atau kalian suka otomotif ya hapalin kata-kata yang berhubungan dengan otomotif atau kalian suka apapun ya pelajari itu semua, karena ini bakalan menyenangkan buat kalian dan pasti kalian gak merasa kepaksa pas ngapalinnya.


6. Figgure out the pattern
Cara untuk menaklukan grammar atau tata bahasa dalam bahasa inggri adalah dengan menemukan pola dasar dari kalimat itu dan ulang-ulangi untuk belajar pola grammar tersebut, rumusnya bagaimana, peraturannya seperti apa dan semua yang berhubungan dengan grammar yang sedang atau ingin kalian pelajari dan ingat don't force yourself to much, mengalir aja kalo lupa ya biarin aja, ulangin lagi aja, kalo misal lupa lagi pola nya ya belajar lagi heheh

7. Invest to go abroad
Ini sebenarnya gue suggest aja, pasti banyak dari kalian kalo tips ini kayaknya susah deh kalo gak banyak duit, ini sebenarnya hanya untuk memaksa kita untuk berbicara bahasa inggris dan gak ada alasan buat mengelak karena ya gak akan bisa karena kita wajib pake bahasa inggris kalo mau keluar negeri, kalian jangan berpikir kalo kalian mesti ke Amerika atau bahkan inggris. Sama sekali gak perlu, coba saja yang murah Singapore misalnya, hanya dengan bermodal tiket pesawat 300 ribu rupiah saja kalian akan bisa memaksa diri kalian untuk ngomong bahasa inggris karena di Singapore semua orang berbahasa inggris atau kalo mau ya pake bahasa mandarin kan ini lebih susah lagi wkwkwk.

So, basically ini sih beberapa tips yang  biasa gue pake buat memperlancar bahasa inggris gue. Gue inget temen gue yang dari Aussie pernah ngomong ke gue pada dasarnya tingkatan seseorang dalam menguasai suatu bahasa itu ada fasenya, yang pertama speak a little and understand nothing yaitu kalian bisa ngomong sedikit-sedikit tapi kalian gak ngerti kalo native speaker yang ngomong entah karena kecepetan atau gak jelas kayak kumur-kumur, yang kedua understand more than you speak yaitu kalian ngerti nih apa yang orang omongin dalam bahasa inggri tapi belum tentu kalian bisa bales, yang ketiga conversational but still translating yap kalian bisa berbincang-bincang dalam bahasa inggris tapi kalian masih loading buat transleting in your head pas mau balesin omongan yang ngomong, yang terkahir speak and understand without mental effort nah ini adalah tahapan dimana kalian ngomongnya udah gampang cas cis cus tanpa translating. 

Semoga tips-tips ini bisa membantu, Cheers !!
 

 

 

 

 



 



  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Ya ampun kok tetep susah ya, belajar bahasa daerah aja susah apalagi bahasa inggris :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha jangan menyerah Mbak. As long as we try pasti at the end Kita bakalan mahir case cis cus pake bahasa inggris. Heheheh
      Semangaaat !!!

      Delete