6 Trik untuk mempersiapkan budget travelling

By Didy - 11/27/2017


Bagaimana cara untuk mempersiapkan budget travelling menurut gue adalah pertanyaan yang sering dilontarkan banyak orang. Sebenarnya gak perlu punya banyak duit untuk travelling bahkan untuk travelling keliling dunia non stop sekalipun. yap kenapa gue bilang begitu karena setahun belakangan setelah gue immerse di dunia travelling sebenarnya banyak cara yang bisa ditempuh untuk mempersiapkan budget untuk travelling.

Ya tapi kan gue gak sekaya orang-orang bule itu buat travelling non stop..

Gue kan cuma karyawan kantoran biasa yang gaji nya hanya nutup buat keperluan bulanan..

Helooow come on guys !!. sama kok gue juga bukan orang kaya yang duitnnya kagak abis-abis gak ada serinya hehehe. Lah terus kok bisa lu jalan-jalan terus tiap bulan ?, emang duitnya dapet darimana ?, ngepet lu ya ?, hahha. Sebenarnya selama ada kemauan dalam hal apapun disitu pasti ada jalan, karena apapun yang dijadikan keinginan pasti lu semua bakalan ada effort buat dapetin itu semua, ya termasuk juga budget buat travelling, karena menurut gue travelling adalah prioritas suatu keharusan bahkan diatas cari pacar ckckck.

Oke kelamaan ya intro nya hahaha, dalam hal mempersiapkan budget travelling gue punya beberapa trik yang mungkin bisa kalian praktekin juga supaya bisa travelling bahkan tiap bulan.

1. Berpikir ulang ketika hendak membeli barang-barang  

Mungkin ini agak terkesan sepele dan lu semua pikir apa hubungannya dengan budget travelling. Hal ini sebenarnya sangat berhubungan erat dengan keuangan kita, kadang kita gak tahu bedanya antara kebutuhan dan keinginan. Buat gue pribadi dulu juga sama, ketika tanggalnya gajian tiba selalu muncul daftar barang-barang yang selalu pengen gue beli yang sebenarnya gue gak membutuhkan sama sekali barang-barang tersebut. Jadi cara nya pikir berulang-ulang ketika lu hendak membeli sesuatu, tanyakan ke lubuk hati yang paling dalam either lu butuh barang tersebut atau cuma keinginan sesaat. Dan jangan sekali-kali pergi ketempat perbelanjaan atau even supermarket ketika lu baru terima uang gaji, karena percayalah setan tidak akan pernah lelah untuk menggoda kita semua dengan berbagai cara untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan sama sekali oleh kita.

2. Track ulang semua keperluan 

Menurut gue ini masalah serius hehehe, kebanyakan dari kita gak pernah sadar dengan uang yang kita punya, pernah gak terima gaji bulanan dan selang beberapa hari kemudian itu duit gak tau ilangnya kemana tanpa kita sadari arah rimbanya kemana haha. Ini seriusan loh, sama gue juga gitu soalnya. Kenapa bisa terjadi hal kayak gini, karena kita gak pernah track atau list keperluan bulanan kita setiap bulannya. Cara gue buat fix masalah kayak gini adalah dengan membuat list setiap bulannya untuk keperluan-keperluan yang gue perlukan bisa secara manual buat daftarnya di buku atau sekarang kan juga zaman sudah canggih tinggal download aja aplikasi buat pengaturan keuangan gak usah katro deh wkwk. Break down semua keperluan-keperluan seperti berapa banyak duit yang harus kita habiskan buat bensin atau transport harian, berapa uang untuk makan sebulan, pulsa dan lain-lain, dan disini gue tekankan sekali lagi list hanya keperluan-keperluan yang diperlukan oke !!.

3. Mulailah Money Jar 


Gue sih nyebutnya money jar, setiap gue punya bucket list untuk setiap destinasi wisata yang pengen gue kunjungin gue selalu siapkan satu money jar untuk mewujudkannya. Lu semua bisa pakai toples emak lu atau botol bekas air mineral yang gede buat nyimpen duit lu semua tapi kalo bisa gue saranin sih pakailah wadah yang kasat mata alias transparan dan tulis di wadah tersebut untuk kemana uang tersebut biar memotivasi kita biar lebih giat nabungnya. Karena buat gue personally suka penasaran aja kalo nyimpen duitnya di wadah yang gak transparan dan bawaannya pengen buka aja hahaha. Percayalah selama lu semua komit dan konsisten dalam menjalankan ini semua entah 10,000 sehari , 20,000 sehari atau bahkan lebih besar nanti pasti akan ada masanya duit itu terkumpul dan lu bisa pake deh buat budget travelling .

4. Sisihkan uang bulanan buat budget travelling 

Cara yang paling gampang yang gue lakukan adalah dengan ikut program tabungan berencana berjangka, biasanya gue set berapa persen dari penghasilan gue setiap bulannya yang harus disisihkan ke tabungan ini, atau mungkin lu semua bisa buat rekening baru terpisah dari rekening gaji bulanan atau rekening utama sumber penghasilan atau bisa juga buat tabungan tanpa kartu ATM jadi kan gak ada alesan buat ngambil tuh duit wkwkkw, dan satu lagi yang penting make sure kalo lu nabung di awal ketika terima gaji bulanan, karena kalo kita gak sisihkan di awal insyallah ini semua gak bakalan terwujud heheh. Jadi gampangnya lu sisihkan berapa persen dari penghasilan bulanan dan lupakan jangan diinget-inget duit tabungan ini.

5. Cut things out 

Artinya kaya susutin aja keperluan yang kurang penting atau bahkan gak penting atau kurang-kurangin gaya hidup yang terlalu glamour, misalnya kalo lu sering ngopi di starbuck yang harga secangkir kopinya bisa ampe 50,000 kenapa gak beralih ke kopi sachet dan seduh sendiri kan ini jauh lebih hemat hahah, atau buat lu semua yang doyan banget nonton ke bioskop bisa ampe tujuh kali dalam sebulan ya beralih ke dvd bajakan eits ini becanda ya guys karena yang namanya bajakan itu gak baik wkwkkw, at least lu bisa kurang-kurangin nontonya jadi sekali aja dalam sebulan. Karena hal-hal kecil kayak gini kalo dilakukan terus-menerus tanpa lu sadari bisa menggerogotin keuangan lu semua asli !!. Atau kalo mau berhemat banget bisa selalu bawa bekal makan siang setiap hari, ini juga bisa jauh lebih sehat dan lebih ekonomis I think.

6. Cari side job atau kerja tambahan 

Maybe penghasilan dari kerja tambahan ini gak banyak tapi ya lumayan lah daripada Cuma ngandelin gaji/penghasilan bulanan. Buat lu semua yang suka nulis mungkin bisa nulis artikel terus kirim ke media cetak atau online atau ngajar private anak-anak sekolah atau ngajar bahasa inggris di tempat-tempat kursus atau lakukan apapun yang menyenangkan dan bisa menghasilkan untuk menambah pundi-pundi rupiah buat budget travelling .

Mungkin hanya ini trik yang bisa gue sampaikan kurang lebihnya mohon maaf hehe. Dan semoga berguna, dan yang terpenting adalah konsistensi dalam aplikasinya. Dan alasan kenapa gue ngelakuin ini semua karena gue memprioritaskian travelling. So, jika kalian memprioritaskan apapun insyallah gak bakalan berat dalam prakteknya dan trust me travelling itu bukan pemborosan atau buang-buang duit, karena menurut gue travelling itu investasi kebahagiaan yang aslinya gak bakalan keukur pake duit. Last but not least semoga beberapa trik ini bisa membantu buat mempersiapkan budget buat travelling.

Happy travelling.. Cheers !!








  • Share:

You Might Also Like

0 comments