Review Buku "DUNIA SOPHIE" by Jostein Gaarder

By Didy - 10/15/2017

”Hanya yang masuk akal lah yang akan berumur panjang”  begitulah salah satu kalimat pembuka pada salah satu bab di novel filsafat ini dan masih banyak kalimat-kalimat yang dikutip dan ditungkan dari filosof dunia oleh Jostein Gaarder  dalam bukunya ini. 


Sumber Gambar https://hellohiproactive.wordpress.com

Dunia Sophie karya Jostein Gaarder ini merupakan salah satu novel filsafat yang menceritakan perjalanan belajar Sophie Amundsend, tokoh utama dalam novel ini yang mana merupakan seorang pelajar sekolah menengah yang masih berusia belasan. Suatu hari sepulang sekolah, dia mendapatkan surat misterius yang hanya berisikan satu pertanyaan. “siapa kamu ?”. Belum habis keheranannya, pada hari yang sama dia mendapatkan surat lain yang bertanya “Dari manakah datangnya dunia ini ?”. Seakan tersentak dari rutinitas hidup sehari-hari, surat-surat itu membuat Sophie mempertanyakan soal-soal mendasar yang tak pernah dipikirkannya selama ini. Hingga akhirnya dia belajar filasafat.

Menurut saya buku ini membawa angin segar bagi orang-orang yang ingin belajar filsafat tetapi dengan cara yang ringan dan sederhana. Karena selama ini filsafat di pandang sulit dan lumayan berat untuk di pelajari dan bahkan bisa-bisa membuat gila orang yang mencelupkan diri kedalamnya. Didalam novel ini di ceritakan sejarah filasfat sejak awal perkembangannya dari era Socrates di Yunani hingga Frued di abad kedua puluh ini.

Jostein dalam bukunya ini berusaha mengajak pembaca nya masuk dalam setting cerita-cerita petualangan yang dialami Sophie, membaca halaman demi halaman dalam novel ini membuat rasa ingin tahu kita semakin tergugah tanpa perlu effort bersusah-susah payah layaknya belajar filasafat secara biasa. Kegairahan manusia terhadap rasa ingin tahu terhadap sesuatu  yang begitu tinggi akan membuat akal manusia berpikir keras untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana yang sebenarnya kita tidak mengetahui jawaban pastinya. Saya tidak bisa membayangkan kalau sendainya saya menjadi Sophie, misalnya tiba-tiba setelah pulang beraktifitas saya menemukan surat di meja kamar saya yang isinya hanya menanyakan . “siapa kamu ?”. Tentu saja kita menjawab nama kita masing-masing. Tetapi siapakah sebenarnya kita ?,bagaimana sendainya kalau kita telah diberi nama lain ?, misalnya saja Aliando, apakah lantas kita menjadi orang lain dan bukan kita yang sekarang ?.

Hal ini menurut saya akan menjadi penting, karena kegairahan umat manusia yang tidak pernah puas dan selalu ingin tahu terhadap apapun. Oleh sebab itulah manusia di karuniai akal untuk berpikir. Bagaimana kita tahu pertanyaan dasar tentang makna hidup, bagaimana cara hidup, asal usul alam semesta, atau pertanyaan simple misalnya “apa itu ada ?”. namun kembali pada individu masing-masing yang memfokuskan pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Selama ini banyak orang awam berpendapat bahwa orang-orang filsafat memikirkan sesuatu yang tidak penting dan membuang-buang waktu saja. Namun para filosof selalu berpikir mencari akar permasalahan terhadap sesuatu. Meskipun novel Dunia Sophie ini menyajikan filasfat barat namun melalui gaya tutur Jostein yang begitu ringan akan mengajak anda untuk berfikir dan berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan filosofis.

Dalam novel ini dikisahkan Sophie seorang gadis 14 tahun yang cerdas akan berpetualang mengungkap misteri-misteri lembaran-lembaran amplop yang dikirimkan kepadanya. Dimulai dengan pertanyaan . “siapa kamu ?” yang membuat Sophie tersentak seketika dan perjalanan belajar filasafat pun dimulai seorang bernama Alberto Knox menjadi guru filasfatnya melalui surat-surat yang dikirimkan. Sophie yang belum tahu siapa Alberto Knox, mulai menjadi semakin curious terhadap siapa sosok Alberto Knox, siapakah dia, orang baik atau jahat kah dia, namun semua itu akan terbantahkan semakin Sophie menenggelamkan dirinya dalam  sejarah filsafat melalui surat-surat yang dia terima. Hingga pada akhir rasa penasaran Sophie terhadap sosok gurunya tersebut dia ingin bertemu langsung dan menimba ilmu langsung kepadanya. Ceita dalam novel ini tidak berakhir sampai disitu, sebuah alur cerita yang awalnya sederhana akan semakin mengerucut dan pada klimaksnya terjadi surprise setelah menyadari kalau ternyata Sophie dan Alberto Knox adalah tokoh rekaan sang mayor yang berusaha untuk memberikan hadiah ulang tahun terhadap putrinya yang bernama Hilde.

Jostein Gaarder mengungkapkan tokoh-tokoh dalam novel ini dengan begitu apik dan sangat menarik yang akan membuat para pembaca nya sedikit bingung dan penasaran dan terus membaca sampai akhir halaman bukunya ini, sejarah filsafat diungkap dengan cara yang menyenangkan dan begitu jernih tetapi menggunakan bahasa yang ringan dan sederhana selain itu dia juga berusaha memasukan semua pelajaran-pelajaran filsafat dalam tokoh-tokoh rekaannya dengan memikirkan kehidupan para tokohnya dengan dihubungkan dengan pengalaman dan pertanyaan-pertanyaan filsafat itu sendiri sehingga akan sangat menyenangkan selama membaca buku ini.

Akan tetapi dari keungulan-keungulan tersebut menurut saya terdapat kekurangan buku ini yaitu kurangnya glosarium dan terjemahan kata-kata bahasa asing yang berasal dari para filosof. Mungkin akan menjadi lebih memudahkan lagi apabila di tambahkan catatan kaki yang menjelaskan beberapa kata-kata tersebut. Terlepas dari itu semua menurut saya buku ini menjadi wajib untuk koleksi bacaan yang akan memperkaya ilmu pengetahuan kita terutama tentang filsafat. Terlebih kita seperti menjadi detektif yang akan berusaha menerka-nerka apa yang akan terjadi di bab-bab selanjutnya hingga akhirnya ketika anda menyelesaikan membaca buku ini anda akan sadar kalau anda telah mencicipi banyak pelajaran-pelajaran filsafat. Bagaimana tertarik untuk membaca buku setebal 798 halaman ini ?, temukan buku ini dan happy reading !!.

Data Buku :
ü  Judul Buku : Dunia Sophie
ü  Jenis Buku : Novel Filsafat
ü  Genre : Fiksi
ü  Penulis : Jostein Gaarder
ü  Penerbit : PT. Mizan Pustaka
ü  Cetakan Pertama : Oktober 1996
ü  Bahasa : Indonesia
ü  Tebal Buku : 798 Halaman
ü  Dimensi Buku (PxL) : 13 X 20,5 Cm
ü  Website Resmi Penerbit : www.mizan.com
ü  No ISBN : 978-979-433-574-1

ü  Harga Buku : Rp. 95.000 (Harga Update Juli 2017)

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Dengan membaca novel ini, kalian akan belajar filsafat dengan cars yg menyenangkan ..

    ReplyDelete