Keindahan Pantai Bagedur di Selatan Provinsi Banten

By Didy - 10/15/2017


Keindahan Pantai Bagedur, Banten

Banten tidak hanya memiliki pantai Anyer saja sebagai andalan obyek wisatanya tetapi masih banyak pantai-pantai lain yang bisa dijadikan destinasi wisata.

    Ketika weekend tiba pastilah enak kalau kita berwisata di sebuah pantai yang indah dengan birunya air laut, daun nyiur yang bergoyang-goyang tertiup angin, pasir putih yang begitu empuk ketika terinjak, tetapi kadang waktu liburan yang singkat akan membuat capek badan apabila berlibur ke pantai yang lokasi nya jauh di luar kota atau berwisata ke pantai yang dekat-dekat pun sudah cukup bosan.

    Tetapi jangan  khawatir untuk warga Banten semua sekarang ada beberapa pilihan pantai yang tidak terlalu jauh atau masih dalam provinsi Banten misalnya saja pantai Sawarna, tetapi akhir-akhir ini pantai seperti Sawarna sudah terlalu mainstream untuk dikunjungi. Mungkin tidak ada salahnya kalian melirik salah satu pantai yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Sawarna. Pantai Bagedur, salah satu pantai yang ada di banten selatan ini memiliki karakteristik berbeda daripada pantai-pantai deretan Anyer. 

    Hamparan pasir putih dengan tekstur yang padat ini membentang sepanjang 10 kilometer dengan luas bibir pantai mencapai 50 kilometer. Objek wisata pantai Bagedur Banten memang memiliki pasir yang padat sehingga kendaraan bisa melewatinya tanpa ada rasa khawatir ban kendaraan anda amblas atau selip. Selain itu ombak di pantai ini begitu indah berkejar-kejaran sempurna dan hembusan angin yang begitu menggoda yang seolah mengajak anda bermain-main.

      Selain itu di pantai ini juga ditumbuhi pohon-pohon khas pantai dan juga  birunya air laut akan memanjakana mata siapa saja yang memandangnya, disamping itu pantai Bagedur juga merupakan pantai yang belum ramai dikunjungi para wisatawan tidak seperti halnya objek wisata pantai lain di provinsi Banten.

 Dengan kondisi seperti itu pastilah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun asing dan akan membuat anda betah untuk berlama-lama berlibur disana, terutama bagi anda yang menginginkan beristirahat sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan. Pantai Bagedur ini secara geografis dan administratif provinisi Banten, Pantai Bagedur terletak di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Untuk beberapa layanan dan fasilitas wisata di pantai ini cukup komplit, seperti halnya banana boat dan beberapa sarana hiburan lainnya.

 Untuk menuju obyek wisata pantai Bagedur ini, anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil menempuh perjalanan dari Kota Serang menuju Kecamatan Malingping dengan melalui jalur Gunung Kencana. Dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam saja, anda sudah bisa sampai di obyek wisata pantai Bagedur ini. Selain itu ada juga alternatif lain untuk menuju lokasi pantai Bagedur ini yaitu dengan menempuh perjalanan dari Kota Serang menuju Pandeglang dan Saketi sekitar 4 jam saja lama perjalanannya.

    Atau anda juga bisa melalui jalur pelabuhan ratu menuju kecamatan Malingping dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

Untuk masalah penginapan anda tidak perlu kahawatir karena di pantai ini disediakan begitu banyak penginapan yang terletak tidak jauh dari pantai. Harga tiket masuk pantai ini pun sangat terjangkau, harga tiket masuk pantai bagedur ini hanya Rp. 5.000 saja untuk sepeda motor dan Rp. 25.000 untuk mobil pribadi. Sementara untuk yang tidak membawa kendaraan anda hanya akan dikenai Rp. 2.000/orang harga yang sangat terjangkau untuk menikmati keindahan pantai yang memukau.

Sejarah pantai bagedur sendiri adalah pada era penjajahan dulu, daerah malingping menjadi tempat persembunyian para kolonial Belanda. Selain itu karena keadaan tanah di Malingping yang cukup subur membuat para penjajah mempekerjakan paksa masyarakat lokal sebagai romusa yang harus bercocok tanam demi memenuhi kebutuhan mereka.

     Dan setelah merdeka barulah masyarakat lokal bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Hingga akhirnya masyarakat lokal dan pemerintah setempat bekerja sama membuka obyek wisata pantai Bagedur ini.

Jikalau di pantai Sawarna memiliki banyak kisah mistis lain halnya dengan pantai Bagedur ini. Tidak ada cerita mistis layaknya pantai sawarna yang beredar. Namun keadaan jalannya yang rindang dipenuhi pepohan dan di sepanjang jalan menuju kawasan obyek wisata ini kalian akan menjumpai hutan-hutan karet yang rindang yang memang terlihat rawan dari gangguan manusia atau makhluk lainnya, biasanya masyarakat sekitar tidak merekomendasikan para wistawan untuk melewati nya pada malam hari setelah isya.

 Nah, tunggu apalagi pantai Bagedur bisa menjadi salah satu bucket list destinasi wisata anda untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau orang-orang yang anda cintai. Karena di pantai ini anda bisa berenang, melihat karang, atau kegiatan air lainnya. 

     Namun anda perlu waspada dan berhati-hati karena ombak di pantai ini termasuk tinggi terutama apabila anda mengajak anak-anak kecil, dan meskipun pantai ini belum ramai dikunjungi para wisatwan dan masih terbilang sepi, pada hari libur panjang dan libur hari-hari besar bisa saja pantai ini tiba-tiba ramai di kunjungi para wisatawan.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Pantai Bagedur terletak di Malingping, Banten. Pantai ini begitu Indah..

    ReplyDelete