Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Belitung

By Didy - 10/15/2017

Ini semua bermula dari pesan singkat Whatsapp dari salah seorang teman yang jauh di ujung sana. “ Have you ever been Belitung ?”, pesan ini dari Deborah salah seorang teman yang saya kenal dari aplikasi Couchsurfing. Kemudian saya menjawab pesan tersebut dengan  singkat. I’ve never been there ?, why do you ask me that ?, Tanya balik saya ke Deborah  , dengan panjang lebar akhirnya dia bercerita kalau seminggu yang lalu dia telah berwisata ke Belitung. Dengan agak sedikit tercengang saya berfikir apa yang membuat Deborah memutuskan untuk berlibur ke Belitung terlebih lagi dia tinggal sangat jauh dari Indonesia , ya dia tinggal di kota Milan, Italy. Dan setau saya cewek ini selalu punya alasan kuat dalam memutuskan apapun bahkan untuk hal remeh-temeh sekalipun, lantas saya berfikir  pastilah memang Belitung tempat yang begitu indah atau dia hanya sudah diracuni oleh beberapa teman-teman Indonesia nya yang lain untuk mengunjungi Belitung.

Yang ada dibenak saya ketika mendengar kata Belitung yang terbesit adalah film laskar pelangi yang menceritakan 10 orang murid disebuah sekolah terpencil di Gantong, Belitong yang kemudian ke 10 murid ini diberi nama Laskar Pelangi  that’s it. Ok, singkat cerita saya memutuskan untuk berlibur kesana, Belitung memang terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang memikat hati ribuan wisatwan untuk berkunjung kepulau ini setiap bulannya. Keindahan tempat wisata Belitung makin kesohor ketika pulau ini menjadi latar tempat dari film laskar pelangi seperti yang ada di pikiran saya  sebelumnya. Maka tak heran apabila saat ini banyak orang menyebut pulau Belitung adalah Negeri Laskar Pelangi. Karena Belitung merupakan sebuah pulau, maka tempat wisata andalan yang ada di Belitung pastilah pantainya yang terkenal indah dan memiliki karakterisitk unik yang dapat membedakannya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Kalau anda pernah menonton film laskar pelangi, tentu anda tahu salah satu keunikan yang ada di pantai Belitung.

Kata Belitung atau Belitong (dalam bahasa setempat) diambil dari nama sejenis siput laut, dan pulau Belitung sendiri terbagi menjadi dua kabuapaten yaitu kabupaten Belitung, beribukota di tanjung pandan, dan Belitung timur beribukota di Manggar. Sebagian besar penduduk pulau ini terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, begitu akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut nya. Berbagai makanan olahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk pulau ini. Sumber daya alam lain yang tak kalah penting bagi masyarakat Belitung adalah timah. Usaha pertambangan timah sudah dimulai sejak zaman Hindia- Belanda. Penduduk pulau Belitung mayoritas adalah suku melayu dan keturunan tionghoa.

Untuk menikmati keindahan pulau Belitung ini anda dapat menempuh dua pilihan transportasi menuju pulau ini. Pertama melalui jalur udara, jarkanya sekitar 1 jam perjalanan dari Jakarta. Kedua melalui jalur darat, ya tentulah jarak tempuh nya jauh lebih lama daripada jalur udara. Maka dari itu apabila ingin berwisata ke pulau ini rencanakanlah sebaik mungkin, buatlah itinerary yang jelas dan tentukanlah tempat wisata apa saja yang ingin anda kunjungi urut dari tempat mana saja yang ingin anda kunjungi. Berikut saya coba merekomendasikan beberapa obyek wisata yang sayang kalau anda lewatkan ketika berkunjung ke pulau Belitung.


1.      Pantai Tanjung Tinggi
Anda tahu beberapa adegan di film laskar pelangi ?, ya saat lintang dan kawan-kawan SD Muhamadiyah bermain dan belajar di pantai dengan batu-batu besar mengelilinginya. Menurut saya keindahan pantai ini terletak pada pasirnya yang begitu putih serta air lautnya yang begitu jernih dengan ombak yang sangat tenang bahkan nyaris tanpa ombak yang apabila ketika berenang di pantai Ini anda akan merasakan sensasi berenang di kolam renang besar komplit dengan pemandangan alamnya yang begitu indah dan air hijau yang jernih sempurna.


Pantai Tanjung Tinggi
2.      Pantai Tanjung Kalayang
Sebenarnya pantai ini terletak tidak begitu jauh dari pantai tanjung tinggi sekitar 10-15 menit saja dengan menggunakan sepeda motor atau mobil karena di pulau ini bebas macet, pantai ini terletak di Keciput, Siljuk, Belitung. Keindahan pulau ini memang sudah terkenal di seantaro Belitung bahkan Indonesia. Ciri khas pantai tanjung kalayang terletak pada biru dan jernih nya air laut, pasir putih yang begitu bersih serta hamparan batu-batu granit yang bertebaran di pinggir hingga ke lautnya sama dengan pantai-pantai lain di Belitung. Nama kalayang sendiri diambil dari nama burung, karena di pantai ini terdapat batu granit besar yang bentuknya mirip dengan burung kalayang. Atau orang-orang setempat menyebutnya dengan sebutan batu Garuda.
Pantai Tanjung Kalayang
3.      Pulau Lengkuas
Banyak yang bilang belum lengkap rasanya kalau berwisata ke Belitung tapi tidak mengunjungi pulau ini. Karena memang  menurut saya pulau ini begitu indah dan akan sayang sekali apabila dilewatkan, untuk mencapai pulau ini anda dapat menggunakan perahu nelayan dari pantai tanjung kalayang dengan perjalanan kurang lebih 30 menit. Begitu sampai di pulau ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak biasa, batu-batu granit seolah bertebaran begitu saja di tengah laut, menjadikan pulau ini menjadi sangat khas. Di pulau ini juga terdapat Mercusuar yang sangat tinggi dan masih berfungsi. Tingginya sekitar 12 lantai. Apabila masih memiliki energI lebih tidak ada salahnya anda menaiki Mercusuar ini untuk melihat pemandangan sekitar dari atas Mercusuar.
Pulau Lengkuas
4.      Pulau Pasir
Pulau ini sebenarnya merupakan hamparan daratan yang terdiri dari hamparan pasir. Saat air laut surut, tumpukan pasir ini akan terbentuk seperti pulau. Sedangkan saat air laut pasang, daratan ini seluruhnya akan tenggelam dibawah air laut. Dan disini juga anda akan menemukan banyak bintang-bintang laut bertebaran, luas pulau ini sebenarnya tidak terlalu luas hanya seluas setengah lapangan sepak bola.
Pulau Pasir
5.      Museum Kata
Museum kata andrea herata merupakan museum literatur. Disini anda bisa menyaksikan  begitu banyak koleksi-koleksi dan karya-karya sang maestro Andrea Herata, misalnya terdapat cerpen andrea herata yang tidak diterbitakn umum dan tentu saja hanya anda bisa baca di museum ini. Museum ini akan sangat cocok buat anda yang suka dengan wisata literasi. Tujuan dibangunnya museum ini sendiri sebenarnya adalah untuk menginspirasi anak-anak dan remaja di desa Gantong agar mengembangkan bakat seni mereka. Terbukti dengan begitu gradasi warna-warni nya museum ini. Selain jejak laskar pelangi, di museum ini juga terdapat banyak sekali karya seni Andrea Herata selain itu disini juga terdapat warung kupi kuli yang begitu unik yang menggambarkan keseharian kehidupan para penambang timah.
Museum Kata
6.      Replika Sekolah Laskar Pelangi
Memang lokasi replika SD Laskar pelangi ini cukup jauh dari kota tanjung pandan yaitu terletak di kabupaten Belitung timur atau berjarak sekitar 100 km, dari kota tanjung pandan namun waktu tempuh kesana hanya membutuhkan 1 jam saja dengan sepeda motor atau mobil. Kenapa waktu tempuhnya terkesan cepat, karena seperti yang sudah saya bilang sebelumnya  jalanan di pulau Belitung begitu sepi bebas macet di kiri-kanan jalan hanyalah hutan semak belukar. Sesekali anda akan menjumpai kebun-kebun sawit yang kata nya dimiliki oleh investor Malaysia. Sekolah ini sebenarnya bukan merupakan sekolah  SD Muhammadiyah yang sesungguhnya, tetapi hanyalah replika saja yang dijadikan lokasi shooting film laskar pelangi, untuk memasuki replika sekolah ini hanya dikenai tariff Rp. 3000 saja, murah bukan ?, dan disekitaran SD ini terdapat bangunan baru berupa toko-toko cinderamata dan warung makan, jadi anda tidak usah khawatir kelaparan.
Replika Sekolah Laskar Pelangi
7.      Kopi Kong Djie
Sebagai pecinta kopi mungkin anda tidak akan melewatkan untuk berkunjung ke kedai kopi yang terkenal di seantero Belitung ini. Warung Kong Djie namanya, menurut cerita yang saya dapat dari pemilik guest house tempat saya menginap kedai kopi ini sudah berdiri sejak tahun 1943. Terletak di sebuah sudut jalan didepan sebuah gereja Regina Pacis dan tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan tugu batu satam dan pantai tanjung pendam, karena lokasinya yang strategis kedai kopi ini tidak pernah sepi pengunjung dari mulai buka jam 05.00 dinihari. Memang kebiasaan masyarakat Belitung adalah mengawali dan mengakhiri hari dengan segelas kopi. Menu-menu kopi disini sebenarnya sederhana saja, namun kenikamatan kopi kong djie ini menurut saya terletak pada racikan kopi yang diracik oleh peracik kopi yang begitu handal yang membuat beda adalah cara pembuatan kopi ini yang direbus langsung menggunakan arang membuat kopi ini memiliki aroma yang begitu sempurna yang apabila diminum di pagi hari akan membawa semangat pagi yang luar biasa dan ketika di minum sore hari akan menghilangkan penat setelah seharian bergelut dengan aktifitas masing-masing.
Nah itulah lokasi tempat-tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Belitung sebenarnya masih banyak tempat-tempat wisata yang ada di Belitung anda tinggal pilih saja wisata Belitung yang  ingin anda kunjungi, ayo siapkan ranselmu dan go travel sebebas-bebasnya because you only life once (YOLO) jangan sampai nanti menyesal dikemudian hari ketika tua belum kemana-mana, Indonesia itu luas begitu juga dunia jelajahilah semampumu, let’s get out dari rutinitas yang membosankan dan happy travelling !!

  • Share:

You Might Also Like

1 comments